WTP Maros ‘Nyangkut’ 12 Kalinya

DAERAH34 views

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

banner 970x250

Kerja keras takkan menghianati hasil.

Adagium ini, pas digambarkan prestasi yang berhasil ditorehkan Pemkab Maros Sulsel, terkait pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Betapa tidak, tahun ini, Maros kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023.

Hitung-hitung, penghargaan predikat opini WTP ini tercatat sudah 12 kalinya diraih.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Amin Adab Bangun kepada Bupati Maros, Chaidiri Syam, didampingi Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari dan Ketua DPRD Maros Patarai Amir, berlangsung di Kantor Perwakilan BPK Sulsel di Jln AP.Pettarani Makassar, Rabu 29 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Amin Adab Bangun mengatakan, ini merupakan bukti dari kerja keras, komitmen, dan tanggung jawab tiap daerah dalam melaporkan penggunaan anggaran.

“Opini ini menjadi kejelasan bagi setiap daerah/kota terhadap kepatuhan dalam melaporkan dan mempertanggungjawabkan anggarannya, serta efektivitas yang dikerjakan,” ujarnya.

Sementara itu, Chaidir Syam menyampaikan rasa syukur atas raihan penghargaan WTP ini.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima opini LHP dari BPK dengan Opini WTP ke-12 kalinya. Alhamdulillah kita bisa mempertahankan penghargaan ini yang telah diraih sebanyak 14 kali, dan 12 kali secara berturut-turut,” ujar Chaidir Syam usai menerima penghargaan WTP.

Mantan Ketua DPRDbMaros itupun,  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam menyiapkan segala hal untuk LHP, sehingga Kabupaten Maros bisa meraih kembali WTP berturut-turut,”  pungkas Chaidir Syam.

Prestasi ini, juga menjadi catatan baik bagi Pemkab Maros karena presentasi tindak lanjutnya mencapai angka nol.

“Tadi disampaikan oleh kepala BPK bahwa Maros memiliki presentase yang belum ditindak lanjuti, namun sudah mencapai angka 0. Artinya, semua telah ditindaklanjuti. Selanjutnya, kita memiliki 19 rekomendasi yang akan kita sesuaikan,” jelas Bupati Maros.

Dengan demikian, imbuhnya lagi, LHP ini tidak hanya mencerminkan kerja keras dan komitmen, tetapi juga menjadi indikator kepatuhan dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah bagi Pemkab Maros.

Sementara itu, Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir mengapresiasi prestasi tersebut.

“Ini adalah bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat. Semoga bisa jadi cambuk untuk terus berbuat yang lebih baik bagi masyarakat,” tuturnya.(r/red)

JURNALIS : Mansyur

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed