Juru Parkir Liar Meresahkan, Tangkap !

TNI-POLRI471 views

Kapolda Sulsel Instruksikan Seluruh Polres Berkolaborasi Pemda

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Peka dan responsif menyikapi keresahan masyarakat, terkait banyaknya Juru Parkir (Jukir) Liar yang berseliweran-ngalor ngidul di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, membuat geram Kapolda Sulsel.

Langkah antisipasinya, dimulai dari Kabupaten Gowa yang akhir-akhir ini banyak video jukir liar viral gegara kerap memaksa pengguna kendaraan dengan bayaran selangit alias semau gue.

Penegasan menertibkan juru parkir liar di seluruh daerah tersebut, disampaikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, usai melakukan pertemuan dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, di Mapolda Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Kamis 16 Mei 2024.

Dikatakan, pertemuan itu banyak membahas terkait dengan isu-isu lokasi parkir liar.

Mantan Kapolda Kalsel itupun mengklaim, telah menginstruksikan seluruh jajaran Kapolres di 24 Kabupaten/Kota agar berkomunikasi dengan pemerintah daerah masing-masing untuk penertiban juru parkir liar.

“Para Kapolres sendiri sudah saya perintahkan untuk langsung koordinasi dengan masing-masing kepala daerah dan untuk segera memetakan dan mengambil langkah tegas untuk menertibkan lokasi-lokasi parkir liar,” tegasnya.

Menurut Andi Rian, upaya menertibkan juru parkir liar ini dilakukan karena banyaknya keluhan terkait maraknya aksi parkir liar.

Diungkapkan, Kabupaten Gowa sebagai daerah penyangga ibu kota Provinsi Sulsel sehingga persoalan parkir liar kurang lebih sama seperti Makassar.

“Saya melihat bahwa Kabupaten Gowa ini sebagai kota yang paling dekat atau bagian paling terdekat dari Kota Makassar dan sudah tidak ada batas,” tandasnya.

Kapolda berharap, dengan adanya pemetaan lokasi parkir liar dapat diketahui yang mana bermasalah atau tidak.

“Kita minta untuk bersama-sama memetakan lokasi-lokasi yang mungkin ada muncul parkir liar,” pungkasnya.

Kendati begitu, Perwira Tinggi penyandang dua bintang dipundak itu meminta, dalam menertibkan para jukir liar, harus melibatkan semua unsur. Mulai dari Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, dan seterusnya.

Nantinya, sebut Andi Rian, pihak Kepolisian akan berkerja sama dengan Dinas Perhubungan hingga Satpol PP.

Andi Rian mengingatkan, persoalan jukir liar pada dasarnya telah menjadi permasalahan yang berlarut-larut. 

Dan, kasus seperti ini akan semakin meresahkan jika tidak ditindaklanjuti.

“Kita tidak mau isu ini terus berkembang dan kemudian tidak tertangani dengan benar, tentunya Polri tidak bisa berdiri sendiri, tidak bisa bekerja sendiri,” pungkasnya.

Kapolda yang punya skill dan kompetensi di bidang reserse itu berjanji, tidak akan segan memproses hukum pelaku jukir liar yang terbukti melakukan tindak pidana. 

“Kalau sudah sangat meresahkan, ya harus ditangkap dan diproses. Kalau misalnya sampai ada kerugian yang timbul atau ada komplain dari masyarakat, ada korban misalnya terjadi kekerasan dan sebagainya, tentu akan menjadi perkara lain akan berkembang jadi pidana,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan sangat mendukung langkah Kapolda Sulsel dalam upaya penertiban parkir liar.

Apalagi, katanya, melihat banyak persoalan parkir liar viral di media sosial (Medsos) yang juga berada di wilayah pemerintahannya, Adnan semakin terbuka dalam upaya penertiban tersebut.

“Memang beberapa kasus yang viral di media sosial itu lokasinya berada di kabupaten Gowa,” aku Adnan, yang langsung melakukan koordinasi dengan Kapolres Gowa untuk melakukan pemetaan.

“Semoga dengan penetapan dan juga tindakan yang kita lakukan bisa meminimalisir dan menghilangkan para juru parkir liar yang tentu sangat meresahkan masyarakat,” harapnya.

Bupati Gowa dua periode itu yakin,  dengan adanya penertiban jukir liar, dapat menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

“Dengan hilangnya juru parkir liar ini pasti saja peningkatan Pendapatan Asli Daerah akan meningkat. Artinya, bukan hanya Gowa tapi seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sulsel bisa menggenjot pendapatannya dari sektor perparkiran,” tukasnya.(red)

KORLIP : Saiful Ngemba – Amir Gassing

EDITOR : Tetta Nyampa – Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed