Penghargaan Peduli HAM 2023 ‘Nyangkut’ di Takalar

HUKRIM8 views

MEDIAKTUAL.COM – TAKALAR :

banner 970x250

Pemerintah Kabupaten Takalar menambah koleksi penghargaan nsdional.

Kali ini, mendapatkan penghatgasn sebagai kabupatenbpeduli HAM dari Kemenkum dan HAM RI, melaui Dirjen Hak Asasi Manusia.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin kepada,Sekda Takalar H.Muhammad Hasbi, S.STP.,M.AP., M.I.Kom, berlangsung di sebuah hotel berbintang di bilangan Jl.AP.Petta Rani Makassar.

Selain Takalar, sebanyak 17 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, pun menerima penghargaan serupa.

Untuk diketahui, Kabupaten Takalar dinilai memenuhi kriteria sebagai Daerah yang melindungi Hak Asasi Manusia setelah memenuhi parameter penilaian oleh Tim Penilai Dirjen HAM Kemenkumham terhadap data implementasi hak asasi manusia di daerah.

 Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, sangat mengapresiasi Daerah yang peduli terhadap HAM.

“Ada Tiga hal yakni Demokrasi, Lingkungan Hidup dan Hak Asasi Manusia, yang jadi tema besar negara-negara di dunia, dan Hak Asasi selalu menjadi bagian besar dari pelayanan publik. Apalagi segala aspek selalu diliputi oleh Hak Asasi Manusia, dalam kerangka itulah maka pemerintah pusat memberikan apresiasi bagi daerah yang peduli terhadap Hak Asasi Manusia”, sebutnya.

Hal senada, Sekda Takalar mengungkapkan rasa syukur atas capaian penghargaan tersebut.

yang diraih Kabupaten 

Menurutnya, hal ini akan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab Takalar untuk terus memperhatikan dan mempedulikan penerapan HAM di masyarakat.

“Syukur alhamdulillah, penghargaan ini adalah bukti dari regulasi dan Kebijakan setelah Pj. Bupati Takalat Setiawan aswad mulai memimpin pemerintahan di Kabupaten Takalar,”  ungkapnya.

Melalui pencapaian ini, jelas Muh Hasbi, jajaran Pemerintah Kabupaten Takalar berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada publik dalam mewujudkan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, pemajuan, dan penegakan HAM.

Sedikitnya, sebut Sekda Takalar, terdapat 10 indikator atau kriteria yang dinilai agar mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Diantaranya,  Hak atas Bantuan Hukum, Hak Atas Informasi, Hak Turut Serta Dalam Pemerintahan, Hak atas Keberagaman Pluralisme, Hak Atas Kependudukan, Hak Atas Kesehatan, Hak Atas Pendidikan, Hak Atas Pekerjaan, Hak Atas Lingkungan Yang Baik dan Sehat serta Hak Atas Perumahan Yang Layak dan Hak Perempuan dan Anak.(bs/red)

JURNALIS : Hamsar Tombong

EDITOR : Rahman S Kulle

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed