oleh

Siswa SMPN 27 Teredukasi Film ‘Pulang Tak Harus Rumah’

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Lebih dari 500 siswa UPT SPF SMPN 27 Makassar, diajak oleh wali kelasnya outing class dengan menonton film edukasi ‘Pulang Tak Harus Rumah’ di Cinepolis Phinisi Point Mall Makassar, pada selasa, 29 Januari 2024 pagi.

Film ini sendiri di produksi oleh DL Entertainment dengan produser Liani Kawati dan sutradara Rusmin Nuryadin.

Usai nonton bareng, beragam komentar diungkapkan oleh siswa SMPN 27 Makassar. Andi Banapati Maulana Culla, siswa kelas IX.1 juga memuji film ini.

“Menurut saya film Pulang Tak Harus Rumah cukup bagus ditonton anak sekolah karena banyak pesan moral. Film ini juga mengandung komedi yang membuat penonton terhibur” pungkasnya

Film pulang tak harus rumah memang diperuntukkan bagi semua kalangan.

Film ini dianggap mewakili kondisi anak-anak saat ini yang banyak kecanduan main gadged yang dapat berdampak buruk pada kesehatan mental anak.

Anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan game online dapat bermasalah dalam interaksi sosial dan prilaku.

Pada sisi lain anak-anak juga diperkenalkan kembali dengan permainan tradisional seperti layang-layang, pa’raga, yang mulai dilupakan padahal banyak nilai positifnya.

Siswa SMPN 27 Makassar yang diajak nonton mengaku senang dengan film ini. Seperti diungkapkan Siti Zahra dari kelas VIII.9.

“Dari film Pulang Tak Harus Rumah menyadarkan kami sebagai siswa dan seorang anak betapa pentingnya kita tidak boleh berperilaku sombong, mendengarkan perkataan orang tua, dan bersopan santun kepada orang lain,” ungkapnya.

Siswa lainnya Sabrina Az-Zahra dari kelas yang sama mengaku menarik baginya, dimana Uleng memperlihatkan Jeihan tentang permainan tradisional di kampung sehingga membuat Jeihan tidak bosan tinggal di kampung” tuturnya.

Senada dengan siswa, Wali Kelas Nur Annisa Yusuf, S. Pd. mengakui banyak pesan pendidikan yang bermanfaat untuk para generasi muda. Salah satunya agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

“Harusnya kita tidak ditundukkan dengan internet” tegasnya.

Selain itu, imbuhnya lagi, ada pesan yang mendasar.

“Ada pesan soal komunikasi yang baik, pentingnya membaca buku, kedisiplinan, dan hubungan sosial. Yang paling menyentuh tentang hubungan anak dan ayah,” jelas Annisa.

Guru lain Warda Ningsih, SH, S. Pd, yang turut mendampingi siswa juga mengungkapkan pendapatnya tentang pentingya mendengarkan nasehat orang tua.

“Dengar kata orang tua, tidak selamanya orang tua salah dalam mendidik anak-anaknya. Karena perkembangan zaman teknologi, sehingga berkurangnya toleransi antar teman” imbuh Warda yang juga guru PKn ini.

Sementara itu, Kepala SMPN 27 Makassar, Nurdin, S. Pd, SH., M. Pd menganggap, outing class seperti ini sangat baik untuk siswa. Ini adalah program yang baik dimana anak anak sesekali diajak belajar keluar dengan suasana yang berbeda. Film ini banyak nilai edukasi di dalamnya,” tuturnya.(HMS27/red)

JURNALIS : Mansyur

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed