oleh

Benarkah Oknum Pers Diduga Beckingi UD Restu Tani Galesong ?

MEDIAKTUAL.COM – TAKALAR :

Terkait dengan adanya pemberitaan MEDIAKTUAL.COM dengan Judul ‘ Labrak Aturan, Kios UD Restu Tani Galesong Mesti Dtindak Tegas’  rupanya terkuak ada pihak tertentu yang ‘kebakaran jenggot’ seakan membeckingi penjual pupuk bersubsidi dengan mematok harga selangit.

Pihak yang diduga ‘pasang badan’ itu adalah oknum Jurnalis alias wartawan.

Sinyalemen tersebut, bukan tanpa alasan karena  oknum wartawan itu sempat menbujuk dan nengajak dua wartawan bersantap kuliner khas Makassar berupa Coto.

“Kesiniki dulu makan Coto, janganki angkatki beritanya UD.Restu Tani,  karena itu keluarga saya,” timpalnya rada membujuk.

Keyakinan Redaktur MEDIA AKTIAL (Cetak & Online) bahwa oknum Jurnalis itu membeckengi Kios penjualan pupuk urea bersubsidi, seketika itu langsung memblokir nomornya di grup Whashapp (WA).

Yang disesalkan sejumlah insan pers, gegara keberpihakan terhadap pemilik kios, yang nyata-nyata ditengarai ‘mengkarbit’ harga pupuk melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, justeru dilindungi alias tidak dikontrol sebagaimana fungsi pers.

“Apapun dalihnya, sikap oknum wartawan itu tidak profesional dan patut dipertanyakan integritasnta serta menodai etika profesi,” sorot Wartawan Senior Drs.Ahmadi Haruna.

Hal yang esensial lagi, sebutnya, salah satu pasal dalam UU Nomor 40 tahun 1999, menjamin adanya hak kebebasan pers  untuk mencari, memperoleh dan menyebarluaskan informasi, teermasuk didalam hak untuk mengambil gambar atau merekam aktivitas di tempat umum,  

Mengacu pada UU Pers tersebut, tegas Ahmadi, tidak ada satupun pihak bisa menghalang-halangi tugas Jurnalistik.

“Artinya, jika ada pihak yang menghambatmenghalangi tugas wartawan maka dapat dipidana maksimal dua tahun penjara atau denda paling banyak Rp 500 juta,” tukasnya.

Sementara itu, pihak oknum wartawan tersebut saat ingin dikonfirmasi melalui telepon WhatsApp enggan merespon telpon media ini.(red)

REDAKTUR : Rahman S Kulle

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed