KSAD Launching Program Pantai Bebas Sampah Plastik Sulsel

TNI-POLRI19 views

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Puji Kebersihan Bantaeng

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG, :

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melakukan kunjungan pertamanya ke Kabupaten Bantaeng.

Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Pj. Bupati Bantaeng, Andi Abubakar bersama Pj. Gubernur Sulawesi Selatan, Bachtiar Baharuddin, Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Dandim 1410 Bantaeng, Letkol Inf Eka Agus Indarta, beserta Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya di Tribun Pantai Seruni Kabupaten Bantaeng, (14/12).

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023 dengan tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Untuk Alam dan NKRI” sekaligus Launching Program Pantai Bebas Sampah Plastik di Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar secara serentak di 8 Kabupaten dan Kota yang ada di Sulawesi Selatan antara lain Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Sinjai, Bulukumba, Bone, Wajo dan Kota Palopo.

“Saat ini kita sedang berada di Kab. Bantaeng, ada banyak peluang untuk budidaya rumput laut, sehingga bisa mencapai skala yang lebih pasti. Support yang kami cari selama ini dari keberlangsungan ekonomi di Sulsel adalah aktivitas budidaya rumput laut yang berkembang pesat dan saat ini mendatangkan manfaat yang sangat luar biasa. Namun di sisi lain, perkembangan itu juga mendatangkan masalah berwujud monster yaitu masalah sampah plastik maka dari itu mari bahu membahu menyelesaikan masalah lingkungan ini”, ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bantaeng, Andi Abubakar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungan ini, yang mana merupakan wadah bagi para petani baik perikanan maupun budidaya terutama rumput laut.

“Kabupaten Bantaeng ini umurnya sudah ke-769 Tahun, kami berharap kunjungan Bapak KSAD ke Bantaeng menjadi berkah bagi daerah Butta toa, karena kami mengetahui bahwa kabupaten Bantaeng adalah kabupaten pertama yang dikunjungi setelah menjabat sebagai KSAD”, tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, bahwa program Karya Bakti yang digagasnya ini dilakukan untuk mengajak personel TNI dan Polri bersama seluruh warga dan relawan untuk membersihkan pantai, sungai, area pasar tradisional, hingga penanaman pohon untuk bersama-sama memerangi sampah di Sulawesi selatan khususnya di Kabupaten Bantaeng.

“Bersama-sama kita akan memerangi sampah bukan hanya di pantai saja tetapi juga di sungai dan pinggir jalan, saya yakin ini bisa dimulai dari Kab. Bantaeng. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa banyak memberi manfaat dan menjadi kota bersih dan ramah lingkungan. Saya merasa bangga hadir di tempat pertama di Kabupaten Bantaeng ini”, katanya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bantuan Pencacah sampah plastik kepada Bank Sampah Samudra Laikang, dan pemberian Sembako oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.(r/nani/red)

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed