Ilham Azikin Raih Tanda Kehormatan Wira Karya

OLAHRAGA59 views

Terapkan Program Inovasi “JALAN BIRU LAUT”

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – MALUT :

Prestasi fenomenal kembali diukir tujuh Kepala Daerah dan satu Kepala Dinas Perikanan di Indonesia yang telah melakukan inovasi dalam pengelolaan wilayah lautnya.

Melalui inovasi yang digagas, toh menuai hasil dengan meraih gelar tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia.. 

Penyematan  mSatyalancana Wira Karya tersebut, dilakukan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, sekaligus selaku Ketua Pelaksana Pusat Hari Nusantara (Harnus) 2023. pada perayaan puncak Hari Nusantara (Harnus) di Kabupaten Kepulauan Tidore, Maluku Utara, Rabu (13/12/2023). 

Para penerima penghargaan ini, merupakan usulan pada tahun 2022 dan 2023. 

Salah satu kepala daerah yang dianugerahi  tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya tersebut yakni Bupati Bantaeng periode 2018-2023 DR.H.Ilham Syah Azikin.

Juga, Bupati Kepulauan Selayar 2020-2024 Muh Basli Ali, Walikota Palopo 2018-2023 Muh Judas Amir dan Kepala Dinas Perikanan Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua. 

Plh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Adwil Kemendagri) Amran mengungkapkan, satu orang Kepala Dinas nendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya memang layak didapatkannya.

Pasalnya, dia berperan aktif dalam meningkatkan hasil perikanan tangkap dan produksi pemasaran hasil laut melalui penerapan teknologi global positioning system dan fish finder. 

“Ini bisa menunjukkan kami tidak hanya menilai kinerja kepala daerah saja. Kami juga melihat bagaimana kerja-kerja aparatur sipil negara (ASN) di daerah. Jika ada yang berprestasi, tentu akan diberikan penghargaan sesuai dengan kerja dan jasanya,” terang Amran. 

Dikatakan, semua inovasi yang dilakukan kepala daerah dan kepala dinas yang mendapatkan penghargaan ini bermuara pada peningkatan produksi, nilai jual, dan pemasaran produk hasil laut.

“Ini sangat baik karena mampu menggerakan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat pesisir. Yang menarik, beberapa kepala daerah inovasinya sudah berorientasi pada teknologi yang ramah lingkungan. Visinya sudah jauh ke depan, yakni keberlanjutan ekosistem laut,” imbuhnya.

Atas anugerah tanda kehormatan Wiara Karya tersebut, Ilham Azikin mengucap terima kasih dan apresiasi kepada Kadis Perikanan dan Kelautan Bantaeng atas program inovasi JALAN BIRU LAUT (Jaminan Layanan Pembudidaya Rumput Laut) serta keluarga besar Unhas.

“Pihak inilah senantiasa memberikan perhatian dan pelayanan kesehatan kepada petani pembudidaya rumput laut di Bantaeng. Semoga berkah untuk kita semua,” pungkasnya penuh harap.(r/nani/red)

REDAKTUR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed