Ponpes Babussalam Arrahmah Sarat Inovasi dan Prestasi

BERITA51 views

Ustadz Alimuddin Usman, S.Pd, M.Pd : Kita Membangun Kemandirian

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – GIWA :

Letaknya berada diatas perbukitan, sekitar 1500 DPL atau berjarak lebih kurang dua kilometer dari Malakaji, Ibukota Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa.

Untuk sampai di tempat ini, setiap tamu yang datang pastilah mata akan dimanjakan dengan panorama alam yang sejuk dan menghijau, dengan hamparan pematang sawah yang bertingkat-tingkat.

Ket.Gambar : Muh Alimuddin Usman, S.Pd, M.Pd, Direktur sekaligus Ketua Yayasan Ponpes Babussalam Arrahmah di Desa Bontubuddung Tompobulu Gowa. (foto : dok)

———————————————————

Itulah potret keberadaan Pondok Pesantren (Ponpez) BABUSSALAM ARRAHMAH,  yang belokasi di Dusun Bontomanai Desa Bontobuddung Kecamatan Tompobulu Kab.Gowa Sulsel.

Ponpes ini, dibangun sejak tahun 2019 oleh Ustadz Muh Alimuddin Usman,S.Pd, M.Pd, yang juga sebagai Direktur dan Ketua Yayasan.

Hitung-hitung, Ponpes yang fokus membangun kemandirian itu, sudah menamatkan satu kali alumni santri.

Peserta didiknya, sebut Alimuddin Usman, saat ini Ponpesnya membina sekitar 500 orang santri/santriwati dengan jumlah tenaga pengajar (Ustadz/Ustazah) sebanyak 10 orang.

Dikatakan, Ponpes Babussalam Arrahmah membangun generasi Qurani, berkarakter dan unggul dengan menyesuaikan dinamika pengembangan era digitalisasi kekinian.

“Sistem pembelajaran di Ponpes ini fokus pada pengembangan Ilmu pengetahuan Agama Islam, terutama mencetak para Santri/Santri Penghafal Al- Quran (Hafidz). Yang kita bina, ada tiga tingkatan yakni usia SD, SMP dan SMA/sederajat. Khusus pada usia anak SD ini, kita punya TK/TPA. Waktu mengajinya, mereka datang setelah pulang sekolah (Umum). Sementara, untuk usia SMP dan SMA, waktu belajarnya sedikit panjang dari pagi, siang dan berlanjut hingga malam,” tutur Alimudfin Usman, yang peserta didiknya tidak sebatas dari Desa Bontobuddung Tompobulu tetapi juga berasal dari beberapa daerah tetangga, seperti  Bantaeng, Jeneponto dan Takalar.

Lebih spektakuler lagi, Ponpes Babussalam Arrahmah ini juga mengajarkan pemberdayaan bercocok tanam melalui program Santri Tani.

“Disini sudah ada unit usaha inkubasi bisnis. Ada Rumah Jahit, pembuatan penutup kue (bosara), Depot Air Minum dan usaha Laundry serta pemanfaatan kotoran (limbah) dari ternak diolah menjadi Biogas. Alhamdulillah, usaha inkubasi bisnis mendapat respon dari Kemenag RI bahkan sudah menggelontorkan bantuan dana ratusan juta rupiah,” beber Ustadz Alimuddin Usman, yang juga Alumni Ponpes As’adiyah Sengkang Kab.Wajo.

Lebih menggembirakan lagi, beberapa Santri/Santriwati Ponpes Babussalam Arrahmah inipun sukses meraih sejumlah Tropy dan Piagam Penghargaan pada ajang lomba Penghafal Quran, Program Mahasantri, Hebyar HAB Kemenag Tompobulu maupun kegiatan lomba ekstra kurikuler lainnya.

Untuk diketahui, Ponpes ini punya VISI “Membangun Generasi yang Berkarakter Qur’ani dan Berakhlak Mulia”.

Sedangkan MISI yakni Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan dan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Melaksanakan Pembelajaran Al-Quran, yang Kreatif, Inovatif dan Menyenangkan serta Mendidik Generasi yang Mampu Membaca Al-Quran dengan Baik dan Benar.

PEMRED : AM.Sukardi Tahir

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed