oleh

Danny Pomanto Menguyup Bersihkan Kanal

Ket.Gambar : Walikota (pakai topi merah) bersama Dandim 1408/Mks, rela basah kuyup membersihkan area kanal dipenuhi sampah.(rep)

—————————————————–

Upaya Menjaga Kota Makassar Bebas Banjir

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Giat bersih-bersih kanal di Kota Makassar diinisiasi Kodim 1408/Makassar atas arahan Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di bawah kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Kali ini, pembersihan beragam sampah dan kayu yang mengapung, berlangsung di sepanjang kanal Jalam Andi Jemma (eks Jl.Landak Baru) wilayah Kecamatan Mamajang, Sabtu 9 Desember 2023.

Momen akhir pekan itu, tak ketinggalan Walikota Makassar Moch Ramdhan ‘Danny’ Pomanto ikut hadir pada aksi bersih-bersih bersama Dandim 1408/Mks Letkol Inf Lizardo Gumay.

Serunya, dua pejabat ini rela menguyup  (basah kuyup) masuk kedalam kanal membantu ribuan anggota Satgas Kebersihan maupun personel TNI/POLRI.

Di lokasi, Danny Pomanto didampingi Camat Mamajang Muh Ari Fadli dan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU Makassar Nur Hidayat.

“Saya bersama pak Dandim dan teman-teman dari Brimob, seluruh Forkopimda, keluarga besar Kodim 1408 dan pemerintah kota mulai camat, lurah, dan masyarakat hari ini bersama-sama turun di kanal membersihkan sampah,” katanya.

Pembersihan ini, terang Walikota dua periode itu, sebagai penyemangat untuk menjaga kebersihan dan semangat untuk Makassar bebas banjir.

 Danny Pomanto, pun salut dan mengapresiasi adanya kegiatan bersih-bersih sebagai bentuk kepedulian TNI AD berkolaborasi dengan Pemkot Makassar menjaga kebersihan kanal agar terbebas dari sampah.

“Kami bangga dengan pak Dandim dan semua keluarga besar Kodim 1408. Kami juga bangga dengan Pangdam yang membuat masyarakat terus bersemangat menjaga kotanya menjadi jauh lebih bersih, meningkatkan kesadaran kebersihannya, dan Insya Allah menjadi Kota Terbaik di Indonesia,” harapnya.

Setidaknya, imbuh walikota lagi, melakui aksi bersih-bersih ini bersama seluruh TNI/Polri, Pemkot Makassar mulai dari Camat, Lurah, Satgas Kebersihan dan seluruh masyarakat menjadi awal dari gerakan untuk menjaga Indonesia dari banjir dan sampah dengan mengandalkan kekompakan, khususnya di Makassar.

“Insya Allah ini menjadi awal dari gerakan kita, kebersamaan kita dan kekompakan kita, untuk menjaga Indonesia dari banjir dan sampah dengan mengandalkan kekompakan, khususnya di Makassar,” pungkasnya.

Diakui Danny, saat ini sudah memasuki musim penghujan sehingga dirinya ingin memastikan kanal dan drainase betul-betul berfungsi 100 persen.

“Tugas kita ada dua. Pertama, dengan kesadaran yang tinggi bagaimana agar sampah-sampah kita bersihkan bersama-sama. Kedua, mari kita menegur kepada siapa saja yang membuang sampah sembarang tempat,” tegasnya mengingatkan.

Hal lain,  Dandim 1408/Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay menyebut aksi bersih-bersih ini melibatkan 2000 orang untuk membersihkan kanal di titik di Kota Makassar.(red)

KORLIP : Rahmat Rani – Saiful Ngemba

EDITOR : Rahman S Kulle

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed