oleh

DPRD Jeneponto Sahkan Dua Ranperda 

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Setelah melalui pembahasan panjang, akhinya dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diiusulkan eksekutif mendapat pengesahan dewan.

Pengesahan tersebut, melalui Rapat Paripurna DPRD dan dihadiri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Rabu 15 Nopember 2023.

Kedua Ranperda tersebut, berasal dari inisiatif Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto, yang berkaitan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Ranperda ini memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam memberikan landasan normatif serta menjadi rujukan dalam pengambilan kebijakan terkait optimalisasi peran dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa.” ujar Bupati.

Ditekankan, pentingnya peran BPD sebagai mitra sejajar dengan Kepala Desa dalam pembinaan dan pengembangan desa salah satunya Penyertaan Modal Pemerintah Daerah kepada PT. Lontara Turatea Kabupaten Jeneponto (Perseroda).

“Ranperda ini mencakup penyertaan modal pemerintah daerah kepada PT. Lontara Turatea, yang memiliki peran besar dalam menjalankan aktivitas bisnis dan mengambil bagian dalam pengendalian stabilitas harga hasil pertanian lokal, hasil produksi UMKM, serta sebagai alat pengendali inflasi di daerah.” jelas Iksan Iskandar.

Dijelaskan Bupati Jeneponto dua periode itu bahwa keberlakuan kedua Ranperda tersebut akan menjadi landasan hukum yang kuat untuk pembinaan optimalisasi peran BPD dan dukungan terhadap PT. Lontara Turatea dalam menjalankan perannya sebagai motor penggerak perekonomian lokal.” ungkapnya.

Intinya, Iksan Iskandar berharap implementasi dari kedua Ranperda ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jeneponto dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja DPRD Kabupaten Jeneponto terkait pengesahan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) strategis.

Menurutnya, Kedua Ranperda tersebut mencerminkan sinergi dan komitmen antara Pemerintah Daerah dan DPRD dalam membangun dan memajukan Kabupaten Jeneponto. proses penyusunan dan pembahasan kedua Ranperda ini melibatkan kerjasama yang solid antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Keterlibatan aktif anggota DPRD dalam membahas dan mempertajam substansi kedua Ranperda ini menjadi langkah positif dalam memastikan landasan hukum yang kuat bagi pembangunan daerah.” pungkas Iksan Iskandar.

Turut hadir pada agenda pengesahan Ranperda ini yakni unsur pimpinan DPRD Jeneponto, oara Kepala Desa se-Kabupaten Jeneponto, serta unsur-unsur terkait lainnya.(red)

JURNALIS : AM.Syakhrir Tahir

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed