oleh

POLRI : Senpi Milik SYL Legal dan Berizin

Peruntukannya Untuk Koleksi Olahraga

MEDIAKTUAL.COM – JAKARTA :

Keraguan sebagian publik terkait adanya 12 Senjata Api (Senpi) yang menjadi salah satu barang bukti saat penggeladan penyidik KPK di runah dinas mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo , tanggal 28-29 September 2023, akhirnya jelas dan terang benderang.

 Pasalnya, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo menegaskan,  status 12 senjata api milik Syahrul Yasin Limpo adalah legal. Sebagian merupakan senpi hibah.

“Semua terdaftar atas nama SYL, walaupun ada beberapa senjata tersebut merupakan hibah. Dan bukti hibahnya ada, sementara itu yang kami dapatkan,” ungkapnya,, Senin 30 Oktober 2023.

Kendati begitu, jelas Djuhandhani, status itu masih perlu didalami lebih lanjut, karena senpi mantan Menteri Pertanian itu belum ada penyerahan ke pihaknya.

Dikatakan, saat ini 12 senpi masih dalam penguasaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Masih dikuasai oleh KPK, hanya prosesnya masih dititipkan,” tandas Djuhandhani.

Polri menyebut, 12 Senjata Api yang diggunakan SYl  untuk koleksi olahraga.

Senpi tersebut,  terdiri dari beragam jenis dan merek. Rinciannya adalah Smith and Wesson (S&W), Walther, Call 22LR Lifecard, Fabqrique Nationale D’armes De Guerre, Amadeo Rossi, P3A Pindad, North American Arms, Battle Arms, Nighthawk dan Tanfoglio

Juga, ditemukan juga satu kotak tempat senjata merek Glock dan total 909 butir amunisi yang jenisnya berbeda-beda.

Selanjutnya, ada enam kartu Izin Khusus Senjata Api (IKHSA), satu kartu Surat Izin Penggunaan Senjata Peluru Karet (SIPSPK), dua Surat Izin Hibah, satu Surat Izin Angkut, dan satu Buku Pas.

Brigjen Pol Djihandhani mempertegas,  Syahrul memiliki senpi tersebut bukan untuk perlindungan diri, melainkan untuk koleksi olahraga.

“Semua senjata yang terdaftar di Baintel adalah senjata-senjata yang resmi, kemudian ada senjata yang digunakan untuk olahraga karena hobi dan bukan untuk perlindungan diri,” pungkasnya.(red)

KORLIP : Saiful Ngemba – Anwar Lasilu – Amir Gassing

EDITOR : Rahman S Kulle

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed