Kodam XIV/Hsn dan BI Dukung Sinergi Ketahanan Pangan

EKOBIS11 views

Pj.Gubernur Sulsel Hadir di Panggentungan Tamarunang Gowa

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Upaya memperkuat ketahanan pangan, khususnya di Sulawesi Selatan, Pemprov memberdayakan sejumlah lahan yang tidak produktif menjadi produktif.

Salah satu lahan yang diberdayakan yakni lokasi milik TNI-AD yang berada di Dusun Panggentungang Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Sosialisasi dan peresmian program sinergi ketahanan pangan itu, dihadiri Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI  Totok Imam Santoso,  pejabat Bank Indonesia, Pj.Sekda Gowa Abd.Karim Dania, unsur Forkopimda Gowa dan stakeholder lainnya, Rabu 1 Nopember 2023.

Kegiatan ini, merupakan kerjasama Bank Indonesia (BI) dengan Kodam XIV Hasanuddin selaku pemilik lahan dengan luas 7,9 Hektare.

Di lahan Ketahanan Pangan ini, terdapat beberapa kolam bioflog Budidaya Ikan Nila, tanaman jagung hibrida, hingga 10 ribu pisang cavendish bantuan Pemprov.

“Hari ini Gerakan Nasional ketahanan pangan di Kampung Panggentungan mempunyai makna bagi kita memperkuat pangan kita,” ujar Bahtiar.

Dikatakan, tantangan saat ini yakni melakukan ketahanan pangan, apalagi Sulsel menjadi salah satu penyangga Pangan Nasional.

“Tantangan kita memperkuat pangan karena ini alat segala-galanya kalau urusan pangan selesai yang lain tidak akan bermasalah. Kita di Sulsel terkenal lumbung pangan terutama beras jagung dan telur itu kita suplai di wilayah Indonesia Timur,” papar Pj.Gubernur Sulsel.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengatakan giat ini merupakan gerakan nasional ketahanan pangan serentak di seluruh Indonesia.

“Saya berterimakasih Pemprov Sulsel telah mendukung kerjasama dan Bank Indonesia, sehingga Kodam sendiri gelar 32 titik di Sulsel dan Sulbar juga laksanakan gerakan ketahanan pangan,” ucapnya.

Totok Imam Santoso mengajak semua pihak memanfaatkan lahan Ketahanan Pangan, termasuk masyarakat sekitar.

“Ini kami menyadari tanpa dukungan Pemprov dan BI Tidak bisa jalan sampai saat ini, luasnya 7,9 hektare

silahkan di manfaatkan gunakan bersama-sama. Silahkan ambil jagung, ikan silahkan di berdayakan lahan ini,” tukas perwira tinggi dua bintang dipundak itu.(red)

KORLIP : Anwar Lasilu

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed