oleh

Adnan Target RS.Pratama Beroperasi 2024

MEDIAKTUAL.COM – GOWA : 

Upaya lebih mendekatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat, Pemkab Gowa Sulsel menghadirkan sebuah rumah sakit Type D di wilayah kecamatan.

Pembangunan RS.Pratama tersebut, tengah dalam tahap perampungan.

Untuk memastikan sejauhmana progres pembangunannya, Bupati Gowa Adnan Purichta meninjau langsung RS.Pratama yang berada di Kecamatan Bontonompo atau letaknya tidak jauh dari tapal batas Kabupaten Takalar, Jumat 30 Oktober 2023.

Pemkab Gowa sendiri, menargetkan rumah sakit tersebut mulai memberikan layanan kesehatan tahun depan. 

Dan, itu memang menjadi target utama atau salah satu program prioritas pasangan Adnan-Kio di periode kedua kepemimpinannya. 

“Tadi saya telah berkeliling melihat sejauh mana kondisi pembangunan rumah sakit, dan alhamdulillah sudah mencapai sekitar 78 persen,” ungkap Adnan.

Disebutkan, pembangunan RS Pratama mulai dilaksanakan pada 2021 untuk tahap pertama, kemudian dilanjutkan pada 2023 ini untuk tahap kedua.

“RS Pratama kami laksanakan secara bertahap sejak tahun 2021, melakukan pembangunan untuk lantai 1 dan 2. Tahun 2023 ini dilanjutkan dengan pembangunan gedung di lantai 3. Target kami RS Pratama bisa mulai beroperasi tahun depan,” bebernya.

Adnan berharap, Rumah Sakit Pratama dengan tipe D ini dapat melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo, Bontonompo Selatan hingga Kabupaten Takalar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa drg Abdul Haris Usman menjelaskan, RS Pratama memberikan pelayanan medik umum, gawat darurat, keperawatan, laboratorium, radiologi dan farmasi.

Menurut Permenkes RI Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Rumah Sakit Kelas D Pratama, Rumah Sakit Umum melayani perawatan kelas 3 (tiga) untuk peningkatan akses masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan perorangan yang memberikan pelayanan rawat inap, gawat darurat serta pelayanan penunjang lainnya.

RS Pratama merupakan RS kedua milik Pemkab Gowa setelah RSUD Syekh Yusuf Gowa yang akan dilengkapi dengan 50 tempat tidur untuk ruang perawatan dengan kehadiran empat orang dokter.

Selanjutnya, tersedia Ruang IGD akan melayani kegawat daruratan, ruang ICU, dan lima ruang poli untuk pelayanan rawat jalan serta tiga perumahan untuk tenaga kesehatan.

Turut mendampingi bupati, masing-masing Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa Muh Rusdy, Inspektur Inspektorat Kabupaten Gowa Andy Azis Peter dan Camat Bontonompo Syahrir.(red)

JURNALIS : Lahmud Sila – Rahmat

KORLIP : Muh Yusuf – Amir Gassing – Anwar Lasilu

EDITOR : SS.Nyampa

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed