oleh

Cegah Konflik, KPU Gowa Gelar SISPAMKOTA

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Mengantisipasi potensi meningkatnya eskalasi politik jelang Pemilu 2024, pemerintah melakukan langkah pengamanan yang dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Khusus di Kabupaten Gowa Sulsel, Kimisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa menggelar kegiatan  simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), yang melibatkan personel TNI-POLRI dan Pemda,

.Simulasi Sispamkota tersebut, berlangsung di depan Kantor KPU Gowa dengan titik aksi di Jl Andi Mallombasang, Rabu 18 Oktober 2024.

Simulasi tersebut, diwarnai parade kendaraan dan aktraksi beragam jenis pengamanan dari gabungan personel Kepolisian, TNI dan instansi terkait Pemkab Gowa. 

Hadir, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama jajaran Forkopimda serta para Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu dan stakeholder lainnya.

BupatiAdnan mengatakan, simulasi ini merupakan bentuk kesiapan dan kesiagaan Polri, TNI serta Pemkab Gowa jelang Pemilu yang akan datang.

“Simulasi ini intinya kita melihat apa pola strategi yang dilakukan dari para personel Polri, TNI kolaborasi dari berbagai Instansi dalam rangka pengamanan Pemilu yang Insyaallah kini sudah masuk tahapan pendaftaran,” ungkapnya.

Dikatakan, sejak pemilihan langsung dilaksanakan pada tahun 2005, Kabupaten Gowa selalu masuk zona merah karena dianggap paling rawan potensi konfliknya.

Namun, pada 2020 pertama kalinya Kabupaten Gowa keluar dari zona merah dan menjadi zona hijau.

“Inilah yang menandakan bahwa Gowa sudah menjadi wilayah yang paling aman melaksanakan Pemilu dan juga Pilkada. Oleh karena itu tugas kita saat ini mempertahankan zona tersebut sehingga bisa melaksanakan Pemilu dengan aman, lancar dan jurdil,” jelas Bupati Gowa dua periode itu.

Hal lain, Kapolres Gowa AKBP Reonald Truli Simanjuntak mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk mempersiapkan kesiapan semua pihak dalam pelaksanaan Pemilu. Juga guna mempersiapkan keprofesionalan personel dalam mengamankan Pemilu.

“Makanya kita lakukan latihan atau simulasi Sispamkota untuk mengantisipasi, menanggulangi dan mengendalikan gangguan kamtibmas dalam bentuk massal sambil kita juga melihat kekurangan-kekurangan dalam menghadapi tahapan proses pengamanan menjelang Pilkada,” katanya.(red)

JURNALIS : Lahmud Sila

KORLIP : Anwar – Amir Gassing – Dirwan – Rahmat

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed