oleh

Media Diminta Memberitakan Secara Fakta dan Utuh

Jelang Pemilu 2024, Polda Sulsel Siapkan Posko Media

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Membangun sinergitas kerja antara institusi kepolisian dengan pers, memang patut dilakukan dalam rangka mewujudkan simbiosis mutualisme, sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Harapan tersebut, terkuak pada acara Cooling Sistem Kapolda Sulsel dengan awak media untuk menangkal berita-berita Hoax menghadapi Pemilu 2023-2024.

Pertemuan wartawan dari berbagai media itu, dihadiri langsunh Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.Hum, dihelat di Rumah Makan Pak Tjomot, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Rabu (18/10/2023).

Turut hadir, Wakapolda  Sulsel Brigjen Pol CH Patoppoi, para pejabat utama Polda Sulsel, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol.Komang S serta Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Ngajib.

Dikatakan, media adalah sarana pemberi pesan kepada masyarakat, sehingga jajaran Polda berupaya merangkul media agar bisa mengatasi berita-berita hoac atau negatif yang tidak bermanfaat bagi masyarakat.

 Kapolda meminta, media dalam memberitakan harus berdasarkan fakta dan diinformasikan secara utuh sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Seringkali ada media juga memberitakan tentang Polda Sulsel yang negatif-negatif yang biasanya dilakukan oleh oknum, namun berita miring seperti itu memang juga harus diketahui masyarakat, akan tetapi tetap harus meminta klarifikasi dari Humas Polda Sulsel,” ujar Setyo Boedi Moempoeni Harso.

Perwira tinggi kepolisian dua bintang dipundak itu mengajak,  awak media untuk bersinergi bersama Polda Sulsel dalam menyajikan berita secara utuh, supaya tidak menimbulkan salah persepsi di tengah masyarakat.

“Menghadapi Pemilu 2024 kami sangat meminta dukungan dari rekan-rekan wartawan sebagai salah satu sarana pemberi informasi dari institusi untuk menciptakan suasana sejuk di masyarakat,” harap Kapolda Sulsel.

Secara khusus, Irjen Pol Setyo BM Harso mengajak insan pers membantu Polri menangkal berita bohong atau hoax  menjelang Pemilu tahun 2024.

Pasalnya, terang dia, peran media tentunya sangat penting dalam menjaga kondusivitas dan keseimbangan informasi di media, termasuk meredam hoakmx.

Terpenting lagi, harapnya, para Jurnalis untuk tidak bosan melakukan konfirmasi, karena kalau tiap hari disuguhi berita negatif, maka bisa  memberikan konotasi yang tidak tepat di masyarakat.

“Ada sesuatu yang tidak jelas, ayo konfirmasi dulu ke Humas. Seperti, ada ulah oknum polisi hanya segelintir saja, sementara  masih banyak figur polisi yang baik,” tegas Kapolda mengingatkan.

Jelang pemilu atau tahun politik,  polisi sekarang terus memantau kondisi daerah yang dianggap rawan terjadi bentrok antar warga.

“Kenapa media mesti dilibatkan dalam kegiatan ini, karena media menjadi penyebar informasi positif dan bisa mengabarkan sesuai dengan fakta,” bebernya.

Irjen Setyo BM Harso menyatakan, Tahun 2024  adalah pesta demokrasi yang harus dihadapi dengan damai dan tentunya media sangat berperan penting dalam menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat.

“Dalam rangka itulah, kita telah menyediakan posko untuk media, guna memberitakan situasi terkait keamanan yang ada di TPS agar masyarakat bisa tenang melihat situasi tersebut,” pungkas Kapolda Sulsel.(red)

JURNALIS : Lahmud Sila

KORLIP : Anwar – Saiful – Amir Gassing – Rahmat – Rahman

EDITOR : SS.Nyampa

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed