Prosesi Mappacci Jelang Pernikahan Ananda Ainun – Ari

ADVERTORIAL116 views

Segenap Keluarga dan Kerabat Hadir di kediaman Andi Baso Karim – Nurhasna Usman

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Dalam tradisi atau adat masyarakat Bugis Sulsel, proses pernikahan mempunyai beberapa rangkaian acara, salah satunya adalah ” Mappacci”. 

Prosesi Mappacci, lebih mengental dilakukan Suku Bugis. 

Sementara, bagi masyarakat Suku Makassar juga dilakukan hal serupa tapi namanya disebut ‘Akkorongtinggi’.

Makna, dari ritual prosesi pernikahan sebelum melangsungkan ijab kabul itu adalah sebagai penyuciaan bagi calon mempelai dari segala kotoran, dosa atau keburukan lainnya yang pernah dilakukan, baik di sengaja maupun tidak di sengaja.

Kaitan momentum prosesi Mappacci alias malam pacar tersebut, toh dihelat di kediaman keluarga Pasangan Suami Isteri (Pasutri) Andi Baso Karim, SH dengan Dra.Nurhasna Usman, tepatnya di Jalan Singa Makassar.

Jika tak ada aral melintang, anak kandung atau putri pertama Andi Baso Karim bernama Andi Ainun Mahfira Ramadhani, SH, M.Kn akan dinikahi oleh calon suami bernama Ari Sadewo, SH, M.Kn, yang merupakan putra bungsu dari keluarga Pasutri Ir.H.Ambon Rahbowo Ramidi dengan Hj.Kartini Ali.

Tempat akad nikah sekaligus acara resepsi pernikahan, berlangsung di Hotel Upperhilss Compention Hall Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, pada Ahad tanggal 15 Oktober 2023.

Khusus gelaran malam Mappacci, malam ini, Sabtu 13 Oktober 2023, segenap dua keluarga besar Andi Baso Karim dan Nurhasna Usman, tampak hadir mendoakan agar kedua calon mempelai dapat merajut bahtera rumah tangga yang harmonis, Sakinah, Mawaddah dan Warahmah (Samawa).

Usai menjalani berbagai rangkaian prosesi Mappacci, segenap keluarga, kerabat maupun para tetamu yang hadir disuguhi jamuan makan malam bersama sembari menikmati lantunan musik seadanya ala karaoke rumahan.

PEMRED : AM.Sukardi Tahir

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed