Gowa Hadirkan Wisata Kuliner di Area Pasar Rakyat

EKOBIS16 views

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

banner 970x250

Sebagai salah satu daerah penyangga ekonomi Kota Makassar, Kabupaten Gowa Sulsel tak pernah kekurangan venue atau lokasi untuk membuka bisnis usaha di sektor UMKM bagi masyarakat.

Terbukti, jika selama ini Kabupaten Gowa berhasil mengembangkan Malino sebagai destinasi wisata dengan panorama alamnya yang sejuk, maka kini H.Abd Rahman Daeng Siama, seorang pengusaha ternama di Kota Sungguminasa mengerling dan menggagas hadirnya sebuah tempat atau lokasi  pembangunan wisata kuliner.

Lokasi tersebut, berada di area bantaran Sungai Jeneberang, tepatnya di seputar Pasar Sungguminasa yang lebih dikenal sebutannya sebagai Pasar Rakyat.

ide cemerlang Haji Siama untuk mendirikan pusat  jajanan kuliner itu, tentu bukan tanpa alasan.

Pasalnya, pria berdarah Bajeng dan berdomisili di Jl.Andi Tonro Sunguminasa itu, memang sudah paham dan mengetahui persis kondisi karakteristik lokasinya lantaran puluhan tahun silam di pasar itu pernah didapuk oleh Pemda dalam mengelola koperasi dan retribusi sekaligus membuka usaha di tempat itu.

Pembangunan tempat usaha wisata kuliner yang tengah berjalan saat ini, rupanya mendapat respon dan acungan jempol  daei berbagai piha, terutama dari rekan sejawatnya yakni H. Abd.Malik Sommeng Daeng Lili.

Menurut  Penasehat Margaluyu 151 sekaligus sebagai anggota FKPPI Kabupaten Gowa itu bahwa gagasan hadirnya tempat wisata kuliner ini sangat tepat dan strategis.

Terutama, kata Haji Lili, sangat membantu para pedagang atau masyarakat kecil untuk berjualan makanan-minuman meskipun itu kecil-kecilan tapi efeknya dapat membantu pemerintah dengan menekan inflasi serta menggairahkan roda perekonomian.

Intinya, tambah Haji Siama, pembangunan sentra jajanan kuliner di seputar Pasar Rakyat Sungguminasa ini, pun mendapat respon positif dari pihak Balai Besar Wilayan Sungai Pompengan Jeneberang Sulsel.

“Untuk sementara ini, tempat berjualan yang tengahdibangun berjumlah sementara 32 unit. Mudah-mudahan, niat baik kita ini,  semuanya akan berjalan lancar dan amam,” harapnya.

 Pelaksana pembangunan kuliner dipercayakan kepada,Juanda Daeng Sissing yang juga selaku Kepala Lingkungan Sungguminasa.

 Haji Siama menambahkan,  nantinya di sepanjang bantaran Sungai Jeneberang bakal ditata lebih apik dan artistik, terutama bangunan kumuh untuk mendukung penyeberangan perahu warga masyarakat Lambengi Desa Taeng Kec Pallangga.

  Pemilik perahu Syafaruddin Daeng Ngawing mengatakan,  berterima kasih dan bangga terhadap perhatian lokasi penyeberangan yang pas dan tepat di lokasi wisata kuliner. (Burnas Mangung/red)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed