UMKM di Bantaeng Harap Keberlanjutan

EKOBIS19 views

Lagi, Ilham Azikin Suntik Bantuan Modal Usaha

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG :

Lima tahun kepemimpinan Bupati Bantaeng Ilham Azikin dan Wakil Bupati Bantaeng Sahabuddin periode 2018-2023 hampir berakhir. Berbagai prestasi di tingkat regional dan nasional banyak ditorehkan.

Salah satu program unggulan Ilham Azikin – Sahabuddin Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Dari data yang diperoleh, lima tahun terakhir telah tumbuh 431 Usaha Mikro yang tersebar di seluruh Dusun dan RW delapan kecamatan dengan serapan anggaran Rp 9.346.860.000.

Bantuan modal usaha tidak diberikan begitu saja. Pelaku UMKM harus mampu berkompetisi dan menumbuhkan usahanya.

Selain bantuan modal, pelaku UMKM juga didampingi para pendamping yang terus melatih dan memberikan edukasi sehingga usahanya mampu tumbuh dan berkembang.

Dibentuk juga komunitas yang mampu membentuk jaringan penjualan produk UMKM binaan pemerintah. Melalui komunitas itu, UMKM juga difasilitasi untuk ikut serta dalam pameran di regional maupun tingkat nasional.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Bantaeng Muhammad Tafsir mengatakan ada berbagai macam sektor usaha yang mendapat Program Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW.

Mulai dari usaha makanan, minuman, perbengkelan, konveksi, ternak dan banyak lainnya.

“Bantuan ini membuat para pelaku UMKM mampu tumbuh signifikan. Ketika UMKM ini tumbuh juga ikut menyerap tenaga kerja di dusun dan RW,” kata dia. Laju pertumbuhan ekonomi semakin meningkat di tahun 2022 mencapai 15,45 persen dan menjadi tertinggi di Sulsel serta menempati posisi ke-6 se Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPS Bantaeng, Mushawwir Arman pada 28 Februari 2023 lalu mengatakan, uniknya, lima daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia didominasi daerah-daerah yang memiliki tambang.

Dikatakan, jika dilihat dari sisi Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB), laju pertumbuhan ekonomi Bantaeng yang mencapai 15,45 persen ini masih didorong oleh pertumbuhan di sektor Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Perkebunan. Setelah itu, pertumbuhan ekonomi Bantaeng didorong oleh sektor industri.

BPS Kabupaten Bantaeng juga melansir angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 2022.

Dari data itu, tergambar jika pemerintah Kabupaten Bantaeng berhasil menekan angka pengangguran hingga 2,72 persen.

Berkat capaian itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin meraih penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama pada tahun 2022 dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya dari Kementerian
Koperasi Republik Indonesia pada puncak acara Harkopnas ke-75 pada 2022.

Para pelaku UMKM berterima kasih kepada Bupati Bantaeng Ilham Azikin berkat program Bantuan Modal Usaha serta Perlengkapan Sekolah Gratis,

Sementara itu, Bupati Bantaeng Ilham Azikin mengatakan program Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW tidak hanya dirasakan penerima manfaat saja.

Namun, telah terbukti pasca Covid-19 membawa Kabupaten Bantaeng menjadi daerah yang cepat bangkit selama dua tahun berturut-turut.

“Dua tahun berturut-turut pertumbuhan ekonomi kita tertinggi di Sulsel. 2021 8,86 persen dan 2022 15,45 persen. Dan mencatat dalam sejarah Sulawesi Selatan ada kabupaten yang ekonominya tumbuh 15,45 persen,” sebut Bupati peraih penghargaan Satayalencana Wira Karya (SWK) dari Presiden RI itu.(r/nani/red)

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed