oleh

Ground Breaking Tanggul Penahan Abrasi di Kanaeng Galsel

MEDIAKTUAL.COM – TAKALAR :

Wilayah pesisir Pantau Galesong Takalar yang terbentang luas, memang sangat berpotensi dan rawan terjadi abrasi saat   gelombang laut meninggi.

Guna mengantisipasi terjadinya abrasi yang sewaktu-waktu mengancam keselamatan jiwa masyarakat nelayan  yang bertempat tinggal di kawasan pantai itu, Pemprov Sulawesi Selatan memberikan atensi penuh untuk membangun infrastruktur beripa pembanguban tanggul penahan ombak.

Pembangunan tanggul penahan abrasi tersebut, telah dilakukan goundbreaking oleh mantan Gubernur Sulsel Andi Sudirman di Desa Kanaeng Kec.Galesong Selatan, Selasa 4 September 2023.

Kehadiran Sudirman  Sulaiman, didampingi Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, sekaligus meresmikn tanggul penahan abrasi Desa Bontokanang Tahun 2022, 

Dihadapan ratusan warga Kanaeng, Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa pembangunan ini merupakan pembangunan kita bersama.

“Mari kita bekerjasama dalam menyelesaikan tanggul ini agar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemerintah untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkapnya.

“Saya minta agar tanggul ini dijaga dan dimanfaatkan, semoga usaha kita ini dapat memberikan kebaikan kepada masyarakat dan masyarakat dapat terlindungi dari abrasi pantai,” pinta Sudirnan, yang telah diganti Penhabat (Pj).Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Sementara itu, Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad  menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemprov Sulsel atas bentuk perhatian terhadap warga Takalar.

“Begitu banyak perhatian dan bantuan yang berikan beliau kepada Kabupaten Takalar, salah satunya adalah pembangunan tanggul penahan abrasi. Kegiatan pembangunan ini merupakan satu upaya dari pemerintah dalam memberikan perlindungi kepada masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, sebagian wilayah Kabupaten Takalar merupakan pesisir pantai.

Dan, untuk mengantisipasi dampak dari cuaca buruk jika musim hujan agar tidak terjadi abrasi maka akan dilakukan pembangunan penahan ombak yang merupakan support dari pemerintah.

Setiawan Aswad menyebut, tahun ini,  ada bantuan untuk UMKM, bantuan penanganan stunting, pembangunan tanggul penahan abrasi, pembangunan tambatan perahu, Trans Andalan, serta bantuan keuangan daerah yang nilainya terus meningkat.

Selain Desa Kanaeng, ada beberapa desa juga yang akan dibangun tanggul penahan abrasi yaitu Desa Punaga, Desa Galesong Kota dan Desa Popo.

Pada kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan prasasti peresmian tanggul abrasi pantai tahun 2022 dan penandatanganan prasasti pembangunan tanggul abrasi pantai tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Ketua DPRD Takalar, Dandim 1426 Takalar, Wakapolres Takalar, Sekda Takalar, para Camat serta para Kepala Desa.(Hamsar/red)

KORLIP : Rahman S Kulle

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed