Perubahan APBD 2023 Wajo Disetujui Bersama

DAERAH11 views

MEDIAKTUAL.COM – WAJO :

banner 970x250

Melalui rapat paripurna, pihak DPRD  bersama Pemerintah Kabupaten Wajo menandatangani Persetujuan Bersama Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD  Kabupaten Wajo tahun 2023, berlangsung, Rabu (6/9/2023).

Rapat Paripurna tersebut, dipimpin Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna didampingi Wakil Ketua I, Firmansyah Perkesi dan Wakil Ketua II, Andi Senurdin Husaini serta para Anggota DPRD Kabupaten Wajo.

Kegiatan ini, dihadiri langsung  Bupati Wajo, Amran Mahmud bersama jajaran Forkopimda, Kepala OPD, TAPD Kabupaten Wajo, Camat, insan pers serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, penyusunan anggaran merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan keterlibatan banyak pihak pihak. 

Oleh karena itu, adanya persetujuan bersama antara Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sangatlah penting.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa setiap pengeluaran yang dilakukan dalam anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. penyusunan anggaran merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan keterlibatan banyak pihak pihak,”terang bupati.

Amran mengatakan, adanya persetujuan bersama antara Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sangatlah penting. 

“Perubahan ini menjadi langkah penting dalam penyusunan anggaran kita untuk mencapai keberhasilan pembangunan yang lebih baik di Kabupaten ini,” ungkapnya.

Dalam Perubahan KUA PPAS Tahun Anggaran 2023 ini, papar Amran Mahmud, dialokasikan anggaran yang lebih besar untuk sektor-sektor yang menjadi prioritas seperti DAU Bidang Pendidikan, DAU Bidang Kesehatan, DAU Pekerjaan Umum, DAU Kelurahan, sesuai PMK No. 212 /PMK.07/2022 Tahun 2022 dan Dana Insentif Fiskal sesuai PMK No.171 Tahun 2022 serta Dana Alokasi Khusus.

“PMK ini sangat berpengaruh terhadap struktur APBD APBD Tahun 2023 yang telah ditetapkan, sehingga diperlukan pergeseran anggaran mulai dari pendapatan maupun belanja daerah yang sudah diparsialkan sebelumnya,” katanya.

Amran Mahmud  pun menyebut, dalam perubahan KUA PPAS ini APBD sebesar Rp1,6 Triliun,- semula di APBD Pokok sebesar Rp1,4 Triliun atau meningkat sebesar Rp126,3 Miliar.

Namun, imbuhnya lagi, peningkatan alokasi anggaran ini juga harus diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Mantan Legislator Senayan itu mengajak, seluruh pihak terkait untuk melakukan pengawasan yang ketat dan bertanggung jawab terhadap penggunaan anggaran. 

“Saran dan masukan yang konstruktif selama proses pembahasan itu, menjadi bahan evaluasi kita bersama, untuk mewujudkan pemerintah Amanah, menuju Wajo yang Maju dan Sejahtera melalui perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

Diakhir sambutannya, Amran Mahmud menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Wajo, TAPD serta Kepala OPD dan semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan perubahan kua  dan ppas tahun anggaran 2023 ini. 

“Semoga dengan adanya persetujuan bersama ini, kita dapat mencapai  keberhasilan pembangunan yang lebih baik dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat kabupaten wajo. Semoga Allah SWT membalas semuanya dan mencatatnya sebagai amal kebaikan. Amin,” tuturnya pemuh harap.(r/red)

JURNALIS : Andi Burhanuddin

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed