Bupati Ilham ‘Sowan’ Ayahanda Azikin di Balai Kartini

EKOBIS36 views

Hadiri Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan KKP

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG :

Intens memperjuangkan aspirasi dan merealisasikan ekspektasi rakyat, itulah geliat yang ditunjukkan selama ini H.Azikin Solthan, selama duduk dua periode di Parlemen Senayan Jakarta..

Salah satu atensi dan bukti kepedulian terhadap masyarakat, khususnya bagi konstituennya di Dapil Sulsel 1 yakni memberikan bantuan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM di Kabipaten Bantaeng Sulsel.

Kegiatan tersebut adalah  Pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan yang diselenggarakan oleh Komisi IV DPR RI bekerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Pelatihan ini, dibuka dan dihadiri langsung Azikin Solthan, dihelat di Gedung Balai Kartini, Rabu 30 Agusutus 2023.

Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung Natalia mengatakan, pelatihan Diversifikasi Olahan Hasil Perikanan merupakan bentuk dukungan dari lima program unggulan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Program prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan tujuan bagaimana kita bisa melakukan program-program yang langsung mendekatkan ke masyarakat dan dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan, sebanyak 10 penyuluh perikanan telah ditempatkan di Kabupaten Bantaeng untuk mendampingi para kelompok pengolahan perikanan baik dari pembuatan hingga pada pemasaran produk.

Azikin Solthan mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan SDM para pelaku UMKM, khususnya pelaku usaha yang bergelut di sektor perikanan dan kelautan.

Artinya, jelas dia, potensi laut di indonesia yang sangat besar, termasuk di Bantaeng, harus dimaksimalkan untuk diolah dan bernilai jual.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu  berharap, lewat pelatihan itu, pelaku UMKM sektor perikanan dan kelautan di Bantaeng, bisa bertumbuh dan meningkatkan derajat perekonomian.

“Saya berharap agar mari kita ikuti kegiatan dengan betul sehingga nanti apa yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Azikin Solthan.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengklaim, pemerintah tak henti-hentinya hadir di tengah masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pasalnya, berbagai intervensi pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan telah dilakukan.

Seperti, sebut dia, bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW, serta program lainnya.

Ditekankan Ilham, kegiatan ini, merupakan upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan startup atau UMKM pengolah hasil laut yang bisa jauh lebih unggul.

Apalagi, katanya, sebagai upaya peningkatan SDM para pelaku UMKM tersebut menjadi salah satu komitmen bersama, baik pemerintah maupun masyarakat, dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

“Ini menjadi pencerminan pemerintah dan masyarakat, punya semangat dan komitmen bersama, bahwa kita bisa lebih baik dan bisa lebih sejahtera. Kami di Bantaeng juga fokus untuk senantiasa menggerakkan ekonomi berbasis kerakyatan,” papar Bupati Alumnus Diklat LEMHANAS 2019 itu.

Ilham Azikin pun membeberkan bahwa di masa pandemi Covid-19 lalu, Bantaeng sudah teruji sebagai daerah pertama yang bisa bangkit dan menggairahkan perekonomian di tengah keterpurukan.

Baginya, hal itu terwujud berkat peranan bersama antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

“Siapa yang mendongkrak (pertumbuhan ekonomi) itu, yah bapak dan ibu sekalian, UMKM, IKM, inilah yang menggerakkan pertumbuhan ekonomi Bantaeng.
Pelatihan hari ini adalah komitmen masyarakat untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di bantaeng,” ujarnya, disambut aplous hadirin.

Bupati peraih penghargaan Satya Lencana Wira Karya (SWK) itu menitip pesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk melapor kepada pemerintah setempat setelah melaksanakan pelatihan agar dapat melaporkan perkembangan dari hasil pelatihan. Pemerintah Kabupaten Bantaeng dapat memberikan hibah kompetitif melalui Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW.

“Kalau nanti semua peserta pelatihan ini kalau sudah memiliki keterampilan, keahlian melapor ke kepala desa atau lurahnya untuk didaftarkan berkompetisi, memiliki keinginan dan semangat, Insya Allah kita akan intervensi dengan Bantuan Modal Usaha Berbasis Dusun dan RW,” janji DR.H.Ilham Syah Azikin Solthan, M.Si.(nani/red)

EDITOR : Mustafa – Tajuddin

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed