oleh

Mari Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Bupati Adnan Hadiri Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih di Bira

MEDIAKTUAL.COM – BULUKUMBA :

Momentum 78 tahun HUT Kemerdekaan RI, sejatinya dapat menumbuhkan kekompakan dan jiwa nasionalisme bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu, akan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat.

Ekspektasi tersebut, disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, di sela-sela menghadiri kegiatan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih, Jum’at (11/8).

Kegiatan yang dihelat di Lapangan Kawasan Wisata Tanjung Bira Bulukumba itu, dihadiri langsung Mendagri RI Tito Karnavian bersama sejumlah petinggi Kemendagri, Bupati Bulukumba Andi Muchtat Ali Yusuf dan para kepala daerah se-Sulsel dan Sulbar.

Adnan hadir didampingi Sekretaris Daerah, Kamsina dan beberapa SKPD terkait.

“Hari ini saya menghadiri langsung penyerahan 10 juta bendera merah putih yang diserahkan langsung  Menteri Dalam Negeri,” ujarnya.

Diakui, Pemkab Gowa sendiri telah menindaklanjuti hal itu dengan target 30 ribu bendera, dimana saat ini sudah dalam tahap penyaluran kepada masyarakat melalui pemerintah camat, desa/kelurahan.

“Kami sudah mengeluarkan edaran Juli kemarin, dan meminta partisipasi dari berbagai pihak, khususnya Instansi Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD/Swasta, Pimpinan Partai Politik, Lembaga Kemasyarakatan, Organisasi Masyarakat, Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Kepala Desa/Lurah dan telah terkumpul hampir 30 ribu bendera serta penyalurannya sudah hampi 80 persen,” jelas Bupati Gowa dua periode itu.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gowa, Mappasomba mengatakan sasaran dari pembagian bendera ini yakni masyarakat kurang mampu yang belum memiliki bendera.

“Kita sudah mulai salurkan sejak beberapa waktu lalu, dimana bentuk penyalurannya, Pemkab Gowa dalam hal ini kami menyerahkan ke kecamatan dan camat menyerahkan ke pemerintah desa/lurah yang selanjutnya mereka yang memberikan ke masyarakat sesuai dengan target sasaran,” sebutnya.

Dikatakan, target bendera yang terkumpul tahun 2023 ini sebanyak 30 ribu atau meningkat jika dibandingkan tahun 2022 lalu yaitu 27 ribu bendera.

Puncak gerakan nasional di Bulukumba Sulsel ini, diserahkan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian kepada perwakilan kelompok masyarakat.

Dikatakan, pembagian 10 juta bendera merah putih di seluruh Indonesia selama bulan Agustus merupakan bentuk untuk memeriahkan HUT ke-78 RI dan menggelorakan simbol penyatu yaitu bendera merah putih, bendera nasional, bendera kebangsaan Indonesia.

“Nah ini, dilakukan di seluruh daerah, karena kita minta untuk membagikan kepada masyarakat. Bahkan per hari ini sudah di angka 13 juta jadi melebihi target dan masih terus berlanjut sampai dengan 31 Agustus, mudah-mudahan akan lebih banyak lagi,” beber Tito Karnavian.

Mantan Kapolri itu berharap, melalui gerakan nasional ini akan meningkatkan semangat nasionalisme dan kesatuan bangsa di Indonesia yang makin kuat, terutama  berdampak positif untuk menjaga inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi terutama sektor UMKM.(red)

KORLIP : Amir Gassing – Anwar Lasilu – Muh Yusuf

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed