Bank Sampah Induk di Marusu Diresmikan

DAERAH20 views

MEDIAKTUAL.COM – MAROS :

banner 970x250

Keberadaan  bank sampah itu sangat penting. Apalagi, jika dikelola secara profesional maka mendatangkan nilai ekonomis bagi warga masyarakat.

Hal tersebut, disampaikan Bupati Maros HAS Chaidir Syam, di sela-sela peresmian Bank Sampah Induk Kecamatan Marusu Desa Nisombalia, Rabu (09/08/2023).

Dikatakan, Bank Sampah merupakan sebuah bangunan yang dibuat untuk dimanfaatkan sebagai tempat pengumpulan sampah dan  dikelola oleh warga desa setempat.

Lanjut Chaidir Syam mengatakan, manfaat bank sampah ini cukup baik untuk dikembangkan karena selama ini sampah belum memberikan nilai tambah bagi masyarakat secara umum.

“Dengan bank sampah ini pula diharapkan dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Maros itupun berharap, masyarakat sekitar mampu menjadi pelopor dalam mengurangi timbunan sampah sekali pakai dan bertanggung jawab memilah sampah dari lingkungan masing-masing,”  ujar Bupati.

Chaidir Syam mengatakan, dalam penanganan masalah persampahan, hal terpenting yakni keseriusan kita dalam pengelolaannya agar bisa berdamai dengan kondisi, memanfaatkan sampah dan menjadikannya atau mengolahnya suatu produk yang memiliki nilai ekonomis.

Nantimya, teang bupati, dalam mengatasi masalah sampah yang dilakukan dari desa ke desa sehingga pembangunan Bank Daur Ulang tersebut merupakan contoh yang akan familiarisasi di berbagai wilayah di Kabupaten Maros.

“Saya berharap ini dapat dicontoh oleh seluruh Kecamatan atau desa di Kabupaten Maros. Di setiap desa supaya ada satu atau dua bank sampah bagi desa yang besar, Pemkab akan dukung sepenuhnya sehingga kita bisa bergerak bersama mewujudkan Maros yang bersih, sehat dan minim tumpukan sampah,” tuturnya penuh harap.(r/red)

JURNALIS : Mansyur

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed