oleh

Proyek Irigasi di Biringala Barombong Dikerja Asal Jadi ?

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Pengerjaan proyek infrastruktur dengan menggunakan anggaran negara tentunya butuh pengawasan ketat sehingga pelaksana kegiatan tidak boleh bermain-main dan mesti konsisten bekerja sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) maupun spesifikasi teknis.

Artinya, jika pengawasan proyek lemah maka yakin saja hasilnya mengerutkan dahi pertanda tidak berkualitas.

Fenomena seperti itu, bisa terlihat pada proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berlokasi di Desa Biringala Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa Sulsel.

Proyek irigasi tersebut, dikerjakan secara swakelola oleh P3A Bontobila.

Hasil pantauan media ini saat di lokasi, Selasa (18/Juli/2023), tampak jelas,  kegiatan yang bersumber dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dengan pagu anggaran Rp. 195.000.000, menunjukkan proses pemgerjaan bangunan diduga tidak sesuai spesifikasi teknis.

Pasalnya, pada dasar pondasi batu  tidak sampai atau sesuai juknis, sehingga dipastikan besar kemungkinan minimnya kekuatan pada bangunan tersebut.

Kondisi bangunan tersebut, diamini bahkan disoroti salah seorang warga karena proyek ini terkesan dikerja asal jadi, tidak sesuai spesifikasi tekhnis.

“Yang saya lihat cara pelaksanaan pekerjaan sudah keluar dari (RAB) Kenapa seperti iti, karena melakukan tambal sulam. Terus , pelaksana kegiatan menggunakan batu kali,” sentilnya.

Dengan kondisi tersebut, warga masyarakat berharap Aparat Penegak Hukum atau pihak berkompeten untuk mengecek langsung di lapangan, apakah sudah sesuai juknis dan kualitas yang diharapkan.

Sayangnya, saat pihak pengelola proyek hendak dikomfirmasi, toh tidak berada di lokasi.

Bahkan, saat dihubungi via WhatsApp juga tidak menanggapi.

Terkait proyek irigasi di Biringala Barombong yang diduga sarat kongkalikong itu, media ini akan terus mengulik dan menginvestigasi secara mendalam, tunggu berita selanjutnya.(red)

KORLIP : Rahman S Kulle

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed