oleh

Maros ‘Tiup Lilin’ ke-64 Tahun

Gubernur Puji Kinerja AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari

MEDIAKTUAL.COM – MAROS :

Seiring lembaran almanak tergulung pelan, tidak terasa pula 64 Tahun Hari Jadi Maros (HJB) kembali diperingati.

Puncak peringatan Ultah tersebut, dihelat di Lapangan Pallantikang, Selasa 11 Juli 2023.

Perhelatan HJM tahun ini, dihadir Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, para pejabat yang mewakili kepala daerah, Forkopimda Maros, pejabat TNI/Polri, Politisi, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda serta undangan lainnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Maros telah mengalami transformasi besar selama 3 tahun terakhir diperiode kepemimpinan Bupati Maros, AS Chaidir Syam bersama Suhartina Bohari melalui berbagai penghargaan.

Lebih elegan lagi, momen HJM ke-64 tahun ini, para tetamu yang hadir mengenakan baju adat khas Bugis – Makassar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sudirman Sulaiman mengaku sangat bangga dengan pembangunan yang sangat berkembang melalui duet kepemimpinan AS Chaidir Syam dan Suhartina Bohari.

“Setiap ke Maros kami selalu ajak pendamping-pendamping yang bisa membantu pembangunan di Maros. Bahkan kami juga mengajak influencer, ini bentuk pemasaran media sosial,” ungkapnya

Melihat progres dan dinamika pembangunan Maros yang kian maju tersebut, Pemprov Sulsel pun memberikan bantuan keuangan sebesar Rp8 miliar untuk pembangunan infrastruktur.

“Maros ini jantungnya peningkatan ekonomi di Sulsel, kita harus senantiasa mensuport pembangunannya,” harap Gubernur.

Sementara itu, Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan, penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Maros dan tentunya didukung seluruh masyarakat.

“Setiap pencapaian yang kita raih saat ini berkat kerja keras para pendahulu dan dilanjutkan dengan semangat dan tekad yang besar dari kita semua,” katanya.

Chaidir Syam menyebut, beberapa penghargaan yang diterima diantaranya, SAKIP atas prestasi dalam akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, reformasi birokrasi tahun 2022 dengan predikat nilai B, penghargaan Adipura 2022.

Selain itu, imbuhnya,  ada Universal Health Coverage (UHC) award 2023 sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia.

“Yang cukup membanggakan pencapaian diraihnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-11 kalinya dengan 10 kali berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2022. Dan yang baru-baru ini adalah pengakuan Global Geopark Maros-Pangkep,” sebut Bupati Maros.

Dari aspek ekonomi, Chaidir Syam memberi apresiasi kepada pihak TNI, Polri dan ASN serta elemen masyarakat yang berkolaborasi dan bekerja keras  meningkatkan pembangunan ekonomi.

Hasilnya, kata dia, pencapaian produk domestik regional bruto (PDRB) misalnya, meningkat hingga 9,13 persen di 2022 yang sebelumnya 1,36 persen di Tahun 2021.

“Sementara untuk SDM kita juga ada kemajuan, pencapaian nilai indeks pembangunan manusia (IPM) kita saat ini berada di 71,00 poin. Mencerminkan kemajuan dibidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang lebih tinggi 0,59 poin ketimbang dengan pencapaian2021,” beber Bupati.

Momen HJM ke-64 tahun itu, Bupati Chaidir Syam menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Maros, Apt.Hj.Ulfiah Nur Yusuf, Wakil Bupati Maros, Hj.Suhartina Bohari, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Maros, Amiludin A, Kadis Parisiwata Maros, Ferdiansyah dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Tak ketinhgalan, Tokoh Literasi Bachtiar Adnan Kusuma, dejumlah tokoh-oh Non ASN dan aktivis lingkungan Maros, Iwan Dento, juga diganjar penghargaan.

Seremoni puncak perayaan HJM ini, diwarnai aktraksi atraksi tiga unit pesawat Sukhoi di langit Maros yang dipersembahkan personel TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin.

Hari Jadi Maros ini, mengusung Tema “SDM Berkualitas untuk Pemulihan Ekonomi Menuju Masyarakat Sejahtera”.(red)

JURNALIS : Mansyur

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed