Adnan Bawa Penghargan SWK Dari Banyuasin

NASIONAL22 views

MEDIAKTUAL.COM – SUMSEL :

banner 970x250

Prestasi gemilang kembali diraih Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Kali ini,  menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dri Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya,  penghargaam  SWK disandang terkait keberhasilan meningkatkan  pembangunan sektor pertanian.

Penghargaan tersebut, diserahkan oWakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-30 Tahun 2023 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 6 Juli 2023.

Atas capaian itu, Bupati Adnan mengaku bersyukur. Menurutnya penghargaan ini berkat kolaborasi seluruh pihak khususnya jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Hari ini tentu kita bersyukur dan juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi sehingga alhamdulillah kinerja kita semuanya mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya Bangga Kencana. Terima kasih kepada seluruh pihak terkhusus Dinas PPKB beserta jajaran, seluruh Korwil, Penyuluh, PPKBD dan Sub PPKBD serta seluruh pihak yang terlibat,” ungkapnya.

Bipati dua periode itu mengatakan, Pemkab Gowa memiliki komitmen penuh dalam Program Bangga Kencana dan Penurunan Angka Stunting.

Salah satunya melalui pembentukan Kampung KB sejak 2016, yang saat ini sudah hadir di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

“Ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas,” papar Adnan.

Untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Gowa, Adnan menyebut, sejumlah program telah dilakukan, salah satunya Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) mulai ditingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan.

“Pemkab Gowa memiliki 590 Tim Pendamping Keluarga (TPK) dengan jumlah anggota 1.770 anggota untuk melakukan pendampingan kepada sasaran, calon pengantin, ibu hamil, dan nifas serta Baduta/Balita,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud, menjelaskan selama ini Bupati Gowa terus mendukung Program Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

“Terjadi peningkatan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJB) selama kepemimpinan Bupati Gowa, awalnya capaian Kabupaten Gowa hanya 7,5 persen dan sekarang berada di atas 20 persen,” ungkapnya.

Juga, disebutkan Pemkab Gowa juga telah membentuk Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT)  di seluruh desa dan kelurahan. Selain DASHAT, inovasi lain dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Gowa yaitu, Gassing Nganre atau Gerakan Atasi Stunting dengan telur dan kelor pada 1.000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) yang juga sudah diterapkan di 167 desa dan kelurahan.

“Gassing Nganre ini  membentuk sistem pemberian makanan tambahan berprotein tinggi bagi sasaran baduta dan ibu hamil KEK. Penyediaan bahan pangan lokal  dilakukan dengan berkolaborasi seluruh SKPD, kecamatan, desa, kelurahan, dan swasta,” pungkas Sofyan Daud.(r/red)

KORLIP : Muh Yusuf – Anwar Lasilu

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed