Berkurban Sesungguhnya Menyembelih Hawa Nafsu Keserakahan

DAERAH30 views

Bupati Gowa dan Wabup Shalat Idul Adha di Masjid Agung Syekh Yusuf

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Jelang mentari menyembulkan sinarnya diufuk timur, suara Takbir, Tahlil dan Tahmid, berkumndang di seantero jagat.

Tak terkecuali, di Masjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa Gowa Sulsel, ribuan Umat Muslim melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H – 2023 , Kamis 29 Juni 2023.

Hadir Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni.

Dihadapan ribuan jamaah, Adnan menyampaikan tujuh program strategis Pemkab Gowa untuk mewujudkan Visi Misi Gowa.

Disebutkan, tujuh program strategis tersebut yaitu bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, infrastruktur, pertanian, UMKM dan kepariwisataan.

“Untuk mewujudkan program prioritas teraebut, maka dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama dari kita semua. Saya yakin dan percaya dengan kolaborasi dan kebersamaan diatara kita, program strategis ini Insya Allah dapat kiat wujudkan untuk peningkatan kesejateraan masyarakat Gowa,” paparnya.

Bupati Gowa dua periode itu mengatakan,  Hari Raya Idul Adha ini erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah haji dan kurban yang berakar dari sejarah Nabi Ibrahim As.

“Esensialnya, perayaan Idul Adha ini harus menjadi momentum untuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim As kepada Allah SWT,” jelasnya.

Adnan mengisakan, Nabi Ibrahim As bersama istri dan anaknya memiliki ketaatan yang sangat besar kepada Allah SWT.

Hal tersebut,  katabya, erlihat ketika Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim As untuk mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail As sebagaimana dalam Al Quran Surah Ash-Shaffat.

“Ketika Nabi Ibrahim As hendak menggerakkan pedangnya, Allah SWT menggantikannya dengan seekor domba besar dan putih. Ketakwaan, kepasrahan, ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim As beserta keluarganya untuk rela berkorban dan berbakti kepada Allah SWT sungguh merupakan perpaduan yang indah dan patut diteladani bagi umat manusia sepanjang zaman,” pungkas Adnan.

Bupati bergelar Doktor Ilmu Hukum itu mengajak, keteladanan yang ada pada Nabi Ibrahim As dan keluarganya harus bisa diterapkan dalam berbagai aspek, baik dalam fungsi sebagai kepala keluarga maupun sebagai kepala pemerintahan.

“Melalui momentum Idul Adha ini saya berharap kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Gowa, khususnya muslim agar kita semua dapat memahami dan merenungkan makna sejarah yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim As dan keluarganya, sehingga kita semua selalu menghadirkan dalam diri kita keikhlasan dan ketaatan melaksanakan perintah Allah SWT,” urai Adnan.

Sementara itu, dalam khutbahnya, Prof. Hafid Abbas mengatakan bahwa berkurban bukan hanya sekedar menyembeli hewan kurban, akan tetapi sesungguhnya berkurban menyembelih hawa nafsu yang berupa keserakahan, ketamakan dan segala bentuk godaan syaitan lainnya.

“Berkurban adalah jalan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, semakin taat kepada Allah yang diwujudkan dengan segala ibadah dan amal shalih hanya kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Tampak hadir, Sekda Gowa Kamsina, jajaran Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Sulsel dan Kabupaten Gowa, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.(red)

JURNALIS : Rahmat Rani

KORLIP : Muh Yusuf – Anwar Lasilu

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed