‘Tidak Boleh Ada yang Dititipi Pesan Politik’

EKOBIS40 views

Bupati Ilham Azikin ‘Warning’ Petugas Sensus Pertanian

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG :

Tahun ini, Indonesia memasuki tahun politik, dalam proses sensus pertanian ini tidak boleh melekat hal-hal yang bersifat politik.

“Tidak boleh ada petugas sensus yang dititipi untuk menyampaikan pesan diluar dari sensus pertanian”.

Warning keras tersebut, disampaikan Bupati Bantaeng Ilham Azikin, saat menghadiri Apel Siaga Sensus Pertanian yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bantaeng, di gelar di Tribun Pantai Seruni, Selasa 30 Mei 2023.

Sebelumnya, Mepala BPS Bantaeng, Lukitoningtyas mengatakan, sensus pertanian 2023 merupakan sensus ke-7.

Harapannya, agar hasil yang diperoleh berstandar internasional dengan mengacu kepada program Food and Agriculture Organization (FAO) yang dikenal dengan World Programme for the Census of Agriculture (WCA).

Dikatakan, tujuan dari sensus 2023 adalah menyediakan basis data terkait dengan pertanian.

Selain, terabg Lukitoni gtyas , merupakan kegiatan besar yang telah melalui berbagai tahapan, diawali dengan perencanaan, persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pengumuman hasil dari sensus pertanian.

“Dari sensus ini diharapkan akan diperoleh data statistik yang lengkap dan akurat sekaligus memberikan insight kepada pemerintah dalam pengambilan kebijakan disektor pertanian,” katanya.

Disebutkan, petugas lapangan sensus sebanyak 165 orang, pemeriksa lapangan 32 orang dan koordinator sensus kecamatan sebanyak 4 orang yang bertugas di wilayahnya masing-masing.

“Kecamatan Bissappu 26 orang, Uluere 14 orang, Sinoa 17 orang, Bantaeng 26 orang, Eremerasa 26 orang, Gantarangkeke 23 orang, Tompobulu 31 orang, Pa’jukukang 34 orang,” rinci Lukitoningtyas.

Dia berharap, para petugas Sensus Pertanian 2023 dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, penuh semangat dan keikhlasan demi menghasilkan data pertanian yang berkualitas.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bantaeng Antawirya menambahkan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan agar dapat melindungi diri dan keluarga jika terjadi risiko kecelakaan kerja dan risiko meninggal dunia.

“Petugas Sensus Pertanian 2023 bisa bekerja, bebas cemas dari risiko akibat kerja,” harapnya

Antawirya pun berterima kasih kepada Pemkab Bantaeng dan BPS Kabupaten Bantaeng yang telah bersama-sama berkomitmen untuk melindungi, peningkatan kualitas hidup, dan kesejahteraan seluruh pekerja di Kabupaten Bantaeng.

Hal lain, bupati menambahkan bahwa sensus pertanian akan memberikan gambaran mengenai kondisi pertanian di Indonesia dan juga menjadi landasan penting dalam penyusunan kebijakan strategis pada sektor pertanian.

“Seperti distribusi pupuk bersubsidi yang efektif dan efisien serta penyediaan basis data UMKM sektor pertanian,” paparnya.

Ilham Azikin menekankan, tugas dan tanggungjawab petugas Sensus Pertanian cukup berat sehingga negara dan bangsa ini menaruh harapan yang besar.

“Ingat, baik buruknya kebijakan yang akan dilahirkan kedepan bergantung dari pencatatan data dan sensus yang saudara lakukan,” tegas Bupati bergelar Doktor Pemerintahan itu.

Terkait Perlindungan Jaminan Sosial, Bupati Bantaeng menaruh harapan besar agar peserta Sensus Pertanian bisa terlindungi

Selain itu, seluruh petugas sensus untuk mengutamakan kejujuran agar di lapangan mendapatkan data valid terkait pertanian.

Pada momen ini, dilakukan penyerahan kartu secara simbolis oleh Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin dan disaksikan Kepala BPJamsostek Bantaeng Antawirya .

Turut hadir, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Bantaeng, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Camat se – Kabupaten Bantaeng, perwakilan kelompok tani dan stakeholder lainnya.(nani/red)

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed