Pancasila Sumber Dari Segala Hukum

DAERAH4 views

Bupati Bone Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BONE :

Pancasila bisa mempersatukan bangsa yang merupakan negara kepulauan tapi menjadi satu kesatuan yang kuat karena ada idealisme Pancasila.

Hal tersebut, disampaikan Bupati Bone H.Andi Fahsar M Padjalangi, membacakan pidato seragam Presiden RI Joko Widodo, pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, belangsung di Halaman Kantor Bupati Bone, Kamis 1 Juni 2023.

Ditegaskan, Pancasila adalah sumber dari segala hukum. Itu kemudian menjadi jiwa dari bangsa dan negara.

“Nah,  itu harus dijaga dan dipertahankan pada generasi-generasi selanjutnya. Artinya, diharapkan para pelanjut estafet bisa memaknai lebih dalam dari pada Pancasila,” terang Bupati Bone dua periode itu.

Presiden Jokowi mengajak, seperti dibacakan Andi Fahsar,  bahwa kita harus selalu menghargai dan memperingati dalam bentuk upacara. Hari ini luar biasa peringatan Pancasila, karena kita melaksanakan dengan menggunakan pakaian adat kita.

Menurutnya, hari kelahiran Pancasila merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, peringatan ini memiliki makna penting.

“Upacara Harlah Pancasila bukan sekadar peringatan tahunan, tetapi memiliki makna mendalam bagi Pemkab Bone dalam menjalankan roda pemerintahan dan melayani masyarakat,” jelasnya.

Berikut poin-poin makna dari peringatan Hari Lahir  Pancasila:

1. Meneguhkan Komitmen
Melalui upacara Harlah Pancasila, Pemkab Bone dapat menunjukkan dan meneguhkan komitmennya terhadap ideologi dan dasar negara, Pancasila.

Ini mencakup penerapan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kebijakan dan program yang dijalankan.

2. Refleksi dan Introspeksi
Upacara ini memberikan kesempatan bagi Pemkab Bone untuk melakukan refleksi dan introspeksi terhadap implementasi Pancasila dalam tata kelola pemerintahan.

Apakah kebijakan dan program yang telah dilaksanakan sejalan dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.

3. Membangun Semangat Persatuan
Harlah Pancasila dapat membangun semangat persatuan dan kesatuan di kalangan aparatur Pemkab Bone serta masyarakat secara umum.

Pancasila sebagai pemersatu bangsa mampu mengingatkan kita bahwa meski berbeda-beda, kita tetap satu, “Bhinneka Tunggal Ika”.

4. Edukasi Masyarakat
Pemkab Bone, sebagai salah satu instrumen pemerintah, memiliki peran penting dalam mendidik masyarakat.

Melalui upacara Harlah Pancasila, Pemkab Bone bisa mengedukasi masyarakat tentang sejarah, makna, dan nilai-nilai Pancasila.

5. Menghargai Perjuangan Pendahulu
Melalui upacara ini, Pemkab Bone dan seluruh masyarakat dapat mengenang dan menghargai perjuangan para pendahulu yang telah berjuang untuk merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. (r/red)

EDITOR : Faisal Mansur

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed