Eksekusi Lahan di Gowa Dijaga Ekstra Ketat

PERISTIWA52 views

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

banner 970x250

Eksekusi perkara tanah peradilan umum berdasarkan putusan Penetapan eksekusi tanggal 19 Juli 2022 nomor 4/PDT.EKS/2022/PN SGM Jo. Nomor 36/PDT/1981 ahli waris pemenang dari CANGGA DG ROLA saudara MAPPATOBA telah sampai di babak akhir, setelah sekian lama berperkara dari tahun 1981 sampai dengan 2022 dikeluarkannya Penetapan Eksekusi sehingga baru terlaksana pada tanggal 31 Mei 2023.

Kepala Bagian (Kabag Ops) Polres Gowa AKP Darwis D Poku mengatakan bahwa di lokasi eksekusi hadir sebanyak 150 personil gabungan pengamanan.

“Ada 150 anggota tim pengamanan dari tim gabungan Polri TNI dan SatPol PP.” katanya.

Lebih lanjut, Kuasa Hukum ahli waris Cangga Dg Rola, Sandi Pajri, SH.,MH mengatakan perkara ini adalah perkara yang telah lama namun dilanjutkan oleh Ahli Waris oleh kedua belah pihak yang bersengketa.

“Sebenarnya ditahun 1986 sempat ada upaya perdamaian kedua belah pihak yang bersengketa dengan Permohonan Eksekusi dahulu dari Termohon Eksekusi memohon untuk tidak dieksekusi karena merasa malu sebagai tokoh masyarakat selama masih hidup dan disepakati oleh Cangga Dg. Rola selaku Pemohon Eksekusi dahulu, dengan janji termohon eksekusi mengatakan kepada pemohon eksekusi apabila telah meninggal kemudian hari diwaktu pagi maka ambillah tanah disengketakan itu di sore harinya, namun kemudian setelah meninggal anak dari termohon eksekusi melakukan lagi upaya perlawanan dengan gugatan Perlawanan Eksekusi (verzet).” terangnya.

Panitera Pengadilan Negeri Sungguminasa (PNS) Sulaiman S.H.,M.H mengatakan, sesuai amanat negara Pengadilan Negeri Sungguminasa menjalankan amanat putusan dengan mengeksekusi lahan perkara sesuai putusan dengan nomor 4/PDT.EKS/2022/PN SGM Jo. Nomor 36/PDT/1981 (Inckrah).”

“Eksekusi lahan dengan Perkara nomor 4/PDT.EKS/2022/PN SGM Jo. Nomor 36/PDT/1981 yang melibatkan ahli waris Cangga Dg. Rola melawan Palio’ Dg. Ngemba yang dimenangkan oleh ahli waris Pemohon Eksekusi Cangga Dg. Rola terhadap pihak ahli waris Palio Dg. Ngemba sempat melakukan perlawanan Eksekusi namun di tingkat Pengadilan Negeri gugatan ditolak hingga Pengadilan tinggi gugatannya tetap ditolak/diperkuat putusan Pengadilan Negeri Sungguminasa,” tutupnya.(Anwar/Nyampa/red)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed