oleh

Gowa Gandeng Unhas Cetak SDM Ilmu Hukum

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Salah satu upaya mecetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam Bidang Ilmu Hukum khususnya Administrasi Negara, Pemkab Gowa melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa melakukan Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Kerjasama tersebut, tentang program investasi sumber daya manusia seperempat abad.

Penandatanganan Kerjasama (MoU) itu, dihelat di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin, 29 Mei 2023

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, SDM yang memiliki keahlian di bidang ilmu hukum sangat dibutuhkan terutama di dunia pemerintahan.

Pasalnya, kata dia, dalam pengambilan suatu kebijakan oleh kepala daerah harus berlandaskan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

“Menjadi penting apabila kita mendorong agar semakin banyak orang yang memiliki latar belakang keilmuan hukum, terutama terkait administrasi negara,” jelas Adnan.

Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu menyebut, dalam kerjasama ini Pemkab Gowa mengirim 10 orang penerima beasiswa yang akan dibiayai oleh Pemkab Gowa hingga masa pembelajaran selesai.

Bupati Gowa dua periode berharap, kedepan SDM Kabupaten Gowa semakin baik terutama yang memiliki keahlian di bidang hukum sehingga bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah Kabupaten Gowa.

“Kedepannya, tentu lahir bibit-bibit SDM yang unggul dan memiliki pengetahuan terkait dengan hukum,” harapnya

Selain itu, terangnya, kedepan ketika melanjutkan karir di dunia pemerintahan bisa selalu berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang tentunya aman dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unhas Prof Hamzah Halim menyampaikan,  terimakasih Kepada Pemkab Gowa atas kepercayaannya menjadikan Fakultas Hukum Unhas sebagai mitra dalam Program Investasi SDM seperempat abad.Dirinya menjelaskan, berdasarkan mandat dari Kemenpan RI, Fakultas Hukum Unhas merupakan satu-satunya Fakultas Hukum di Indonesia yang memiliki program studi hukum administrasi negara.

Apalagi, sebut Prof Hamzah Halim,  Program Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Unhas sudah terakreditasi internasional tingkat regional Asia Tenggara ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), sehingga lulusannya setara dengan lulusan perguruan tinggi yang ada di Asean.

“Diharapkan 10 orang ini dapat men-trigger seluruh sumber daya yang ada di Pemkab Gowa dalam menuju reformasi birokrasi yang nyata. Setelah studi, mereka akan melanjutkan bekerja di pemda, kecamatan, kelurahan, atau desa untuk men-trigger SDM lain untuk mewujudkan cita-cita dan program reformasi birokrasi dalam Pemerintahan Gowa,” pungkadnya.

Turut hadir,  Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, Sekda Gowa Kamsina, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad dan para Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa serta jajaran civitas akademika Fakultas Hukum Unhas. (red)

JURNALIS : Rahmat Rani – Rizaldy

KORLIP : Anwar Lasilu – Muh Yusuf

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed