Azikin Solthan Buka Bimtek Pertanian

EKOBIS78 views

Kerjasama Komisi IV DPR RI dan Polbangtan Gowa

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Sebagai mitra kerja Kementerian Pertanian RI, anggota Komisi IV DPR RI DR.H.Azikin Solthan, M.Si, membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Wilayah Koordinasi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kabupaten Gowa  Sulsel.

Sebagai penyelenggara Bimtek, Polbangtan Gowa menghadirkan ratusan peserta yang didominasi kaum.emak-emak, kader PKK, petani milenial, dihelat di Hotel Grand Imawan Jl.Pengayoman Makassar, Sanin, 29 Mei 2023.

Peserta Bimtek yang berasal dari Kota Makassar, Gowa dan Takalar itu, tampak antusias mengikuti sejumlah materi yang dipaparkan narasumber yakni Herman, S.Sos, yang juga sebagai praktisi Hidroponik.

Bimtek tersebut, diawali dengan sambutan  Dr.Irfan Aryawiguna, M.Si, sekaligus mewakili Direktur Polbangtan Gowa Dr.Detia Tri Yunandar, M.Si.

Dikatakan, pembangunan pertanian saat ini menghadapi tantangan berat yang luar biasa, baik itu aspek produktivitas, inovasi dan teknologi maupun pemenuhan SDM.

Irfan nengakui, saat ini Polbangtan, fokus pada peningkatan SDM yakni membangun kekuatan petani untuk mendorong terciptanya peningkatan produksi pertanian.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI asal Fraksi Gerindra berkomitmen, untuk memberi atensi dan terus mendorong meningkatnya produktivitas petani untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Ekspektasi lain, terang Azikin Solthan, dengan adanya kegiatan Bimtek Peningkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh maka petani dapat menerapkan teknologi pertanian demi meningkatkan produksi pertanian.

Bupati Bantaeng periode 1998 hingga 2008 mengatakan, kegiatan bimtek ini merupakan salah satu program yang digagas dengan Kementerian Pertanian RI yang bertujuan meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh sehingga dapat melahirkan SDM pertanian yang berkualitas dan profesional dibidangnya.

Disebutkan, Komisi IV DPR RI sebagai mitra kerja Kementerian Pertanian, berkomitmen tinggi dan terus berupaya mendorong serta membangun kekuatan SDM pertanian.

Pasalnya,  itu sudah menjadi kebutuhan penting bahkan menjadi hal mutlak untuk semua daerah, termasuk di Daerah Pemilihannya (Dapil) Sulsel 1, meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

‘Kami pun mengapresiasi Polbangtan Gowa, yang selama ini terus melakukan akselerasi dan inovasi-inovasi yang menerapkan  teknologi pertanian sesuai kebutuhan kekinian,” tukas Azikin Solthan, usai membuka resmi kegiatan Bimtek Pertanian itu..

Forum Bimtek ini, para pesrrta diberi kesempatan berdialog dalam sesi tanya jawab dan dijawab langsung Azikin Solthan.

Selanjutnya, mantan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten  Seluruh Indonesia (APKASI) itu mendapuk beberapa peserta tampil kedepan mimbar untuk menerima hadiah secukupnya dan melakukan selfi bareng.(pemred)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed