oleh

Ribuan Peserta JUMBARA PMR ‘Serbu’ Kota Malino

Pj.Sekda Sulsel : Tingkatkan Empati Bantu Sesama Terkena Bencana

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Kegiatam Jumpa Bakti dan Gembira (Jumbara) PMR.yang merupakan perhelatan lima tahunan, kembali digelar.

Kali ini, Jumbara PMR ke-IX yang dilaksanakan PMI Sulsel, dipusatkan di Lapangan Tembak Secata Pohon Vinus Malino Kec.Tinggimomcong Kabupaten Gowa, Sabtu 13 Mei 2023.

Peserta dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel lumayan membludak menikmati udara sejuk destinasi wisata Malino.

Ribuan anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang hadir, terdiri dari Mula, Madya hingga Wira.

Kegiatan ini,  dibuka resmi Pj Sekretaris Daerah Sulsel Andi Darmawan Bintang, dihadiri  Ketua Umum PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan,  bersama Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, para Forkopimda Gowa, sejumlah Bupatii, para PJU Kodam XIV Hasanuddin, Pangdivif III Kostrad, Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Prosesi pembukaan,  diwarnai defile peserta Jumbara dari cabang PMI Kabupaten/Kota dan pengukuhan 4.175 relawan Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) Kabupaten Gowa.

Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni, selaku Pemerintah Kabupaten Gowa mengapresiasi PMI Sulsel karena memilih Gowa sebagai pelaksana Jumbara IX.

Diyakini, kata Krg.Kio, sapaan akrab wabup, bahwa dengan dilakukannya Jumbara di Malino ini jelas menaikkan ekonomi masyarakat sekaligus meningkatkan daya beli pengunjung.

Abd Rauf yang juga sebagai Ketua PMI Gowa, mengaku bersyukur lantaran PMI Gowa diberi kepercayan.menjadi Jumbara ke-IX tahun 2023.

“Dari Sultan Hasanudiin kita belajar keberanian, dari Syekh Yusuf kita belajar nilai religius dan dari Karaeng Pattingaloang kita belajar kecerdasan. Mari tanamkan bahwa jiwa kemanusiaan kita jauh lebih penting dirawat,” pintanya.

Hal lain,  Pj Sekda Provinsi Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan para anggota PMI dan para relawan PMI harus meningkatkan empaty membantu masyarakat yang mendapatkan bencana.

“Tentunya, kita akan saling menolong tanpa pamrih, dan rasa kemanusiaan kita tidak akan mengenal, suku, agama, strata sosial, warna kulit, golongan, dan bahkan kemanusiaan akan menerobos sekat-sekat permusuhan antar sesama ketika musibah itu melanda,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan di hadapan para anggota PMI dan PMR peserta Jumbara berharap saling menjaga solidaritas dan bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

Artinya, terang dia, dengan adanya Jumbara yang mengumpulkan relawan mulai dari tingkat Mula, Madya dan Wira ini ditambah lagi anggota Sibat maka akan memperkuat jiwa kesolidaritasan dan meningkatkan pengetahuan tentang kebencanaan.

Adnan yang juga sebagai Bupati Gowa dua periode itu mengajak, seluruh stakeholder PMI tetap konsisten menyediakan stok darah demi memenuhi kebutuhan masyarakat Sulsel.

“Konsisten kita semua dalam menjaga stok darah untuk semua, semoga kedepannya tidak ada lagi bencana yang terjadi di Gowa ini,” pungkasnya.

Turut hadir, Bupati Wajo H. Amran Mahmulud, Wakil Bupati Bone H.Ambo Dalle, jajaran Pengurus, Markas dan Relawan, Para Ketua PMI Kabupaten/ Kota, Markas0 Relawan, Para Kepala Sekolah dan Para Ketua dan Pengurus PMR se-Sulsel.(red)

KORLIP : Anwar Lasilu

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed