Ratusan Kepala Daerah ‘Serbu’ Makassar

NASIONAL78 views

Bupati Ilham Azikin Jadi DANUP Hari Otoda 2023

banner 970x250

Ket.Gambar : Mendagri Tito Karnavian diapit Bupati Bantaeng Ilham Azikin bersama Walikota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Sabtu 29 April 2023.(rep)

——————————————————

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

“Kepercayaan itu seperti jiwa, tak akan pernah bisa kembali setelah hilang”.

Kata bijak ini, sangat pas digambarkan pada sosok diri dan perjalanan karir seorang pejabat publik bernama Ilham Syah Azikin.

Betapa tidak, dari ribuan jumlah kepala daerah di Indonesia, toh tahun ini, Ilham Azikin yang menjabat sebagai Bupati Bantaeng Sulsel, didapuk dan diberi kepercayaan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi Komandan Upacara (DANUP) peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) 2023, dihelat di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu 29 April 2023.

Lebih spektakuler lagi, momentum Hari Otoda ini merupakan upacara terbesar yang pernah ada di tanah air karena dihadiri sekitar 600-an Kepala Daerah menginjakkan kaki di Kota Anging Mammiri – julukan Kota Makassar.

Melihat jumlag peserta yang signifikan itu, membuat Inspektur Upacara (IRUP) Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian, tampak antusias dan mengapresiasi.

“Ini adalah upacara terbesar di Indonesia yang dihadiri kepala daerah. Sebanyak 70 persen kepala daerah hadir tanpa diwakili,” ungkapnya.

Dikatakan, pada Januari lalu, kemendagri memang telah melakukan pertemuan dengan seluruh kepala daerah dan Forkopimda yang ada di Indonesia.

Pertemuan tersebut, terang mantan Kapolri itu, digelar di Sentul dan dipimpin langsung oleh presiden RI, Joko Widodo.

“Tapi itu, adalah kegiatan indoor. Kalau kegiatan outdoor, yang di Makassar ini yang terbesar,” sebut Tito Karnavian.

Diapun berterimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan ini.

Mendagri berdarah Palembang itu menyebut, Otonomi Daerah memiliki banyak nilai positif.

Salah satunya adalah, otonomi daerah memberikan kesempatan untuk semua orang menjadi kepala daerah.

“Dengan kondisi tersebut, timbul mutiara-mutiara yang terpendam dari proses Otoda ini. Contohnya, Bapak Presiden kita yang sebelumya menjadi wali kota, kemudian jadi gubernur dan akhirnya menjadi presiden,” bebernya.

Tito berharap, Otoda hendaknya menjadi sistem yang membuat daerah menjadi mandiri.

Artinya, imbuhnya lagi, daerah  tidak hanya bergantung pada suntikan dana dari pemerintah pusat.

“Jadi, kepala daerah harus memiliki jiwa kewirausahaan, untuk meningkatkan PAD dan kemandirian fiskal,” pinta Mendagri.

Sementara itu, Ilham Azikin mengatakan, Otonomi Daerah adalah momentum untuk merefleksi dan konsolidasi untuk membangun daerah lebih baik kedepan.

Menurutnya, Otonomi Daerah merupakan pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian daerah, guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, serta meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Munculnya pemerintahan yang lebih reponsif akan kebutuhan masyarakat ini menjadi bentuk positif yang disajikan untuk masyarakat,” papar Bupati Bantaeng penyandang gelar Doktor Administrasi Publik itu.

SOSOK ILHAM AZIKIN ?

Untuk diketahui, Bupati Bantaeng ini adalah satu-satunya kepala daerah yang ditunjuk menjadi Komandan Upacara pada Hari Otoda 2023.

Ket.Gambar : DR.Ilham Syah Azikin, saat menjadi Komandan Upacara (DANUP) pafa pelantikan Praja STPDN Jatinangor 2019. Bertindak Sebagai IRUP Wapres Jusuf Kalla mewakili Presiden Jokowi.(rep)

—————————————————–

Keterpilihannya tersebut, tentu bukan perkara gampang, mengingat jumlah kepala daerah di Indonesia mencapai ribuan orang.

Yang pasti, publik meyakini bahwa amanah dan kepercayaan yang diberikan pemerintah itu, tidak lepas melihat track record Ilham Azikin yang mumpuni selama ini.

Selain, memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas juga sosok kepemimpinannya sarat prestasi yang diraih dilevel regional, nasional dan maupun internasional sekalipun.

Terbukti, penunjukan jadi DANUP tahun ini setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh pihak Kementerian Dalam Negeri.

Artinya, menjadi DANUP ini bukan yang pertama kalinya.

Tetapi, sebelumnya pada Agustus 2019, Ilham Azikin juga pernah dipercaya menjadi komandan upacara kenegaraan pada pelantikan Pamong Praja Muda (PPM) IPDN di Kampus Jatinangor.

Kala itu,  Wakil Presiden HM Jusuf Kalla menjadi IRUP mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Usai upacara, putra sulung Anggota DPR-RI DR.H.Azikin Solthan, M.Si,   dipanggil khusus oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian untuk duduk di kursi VVIP.

Ilham Azikin sendiri, merupakan Alumni STPDN (D.IV) Jatinangor Jawa Barat 1997 dan Institut Ilmu Pemerintahan (S1) Jakarta pada 2001.

Kini, didapuk mengurus organisasi sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Sulsel.

PEMRED : Ardi Tahir

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed