oleh

Ratusan OTK ‘Ngamuk’ di Mapolres Jeneponto

Bripka Pol Musmuliadi Jadi Korban Penembakan

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Kasus penyerangan kembali terjadi di institusi Korps Bhayangkara alias Kepolisian.

Kali ini, yang menjadi sasaran amarah ratusan Orang Tak Dikenal (OTK)  mengobrak-abrik Mapores Jeneponto, Kamis 27 April 2023, dini hari.

Insiden yang membuncah secara tiba-tiba itu, cukup heboh dan menggemparkan publik di jagat maya, khususnya media sosial.

Pasalnya, kasus perusakan fasilitas negara itu termasuk yang terjadi kedua kalinya di wilayah hukum Polda Sulsel.

Pertama, aksi pembakaran sejumlah Pos Pilantas dan Mushallah dan perusakan kantor dan mobil.operasional Polres Pelabuhan Makassar.

Kedua, perisakan sejumlah fasilitas ruangan, Masjid, Mobil bahkan melukai seorang Anggota Polres Jeneponto yang terkena timah panas.

Dua kasus tersebut, menjadi ‘PR’ dan tantangan sendiri bagiKapolda Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, sejak bertugas di Sulawesi Selatan.

Khusus aksi.penyerangan OTK di Mapokres Jeneponto itu, tentu sangat prihatin dan disesalkan sejumlah
pihak.

Untuk memastikan kondisi yang terjadi, Kapolda Sulsel maupun Kasdsm XIV Hasanuddin Brigjen TNI Dani Budiyanto, menyambangi langsung daetah berjuluk Butta Turatea.

Irjen Pol mengatakan, Setyo, pihaknya melakukan pendataan kerusakan yang ada di Mapolres Jeneponto.

“Jadi, dilakukan pendataan kerusakan dengan membawa Tim Reskrim dan Labfor untuk olah TKP serta pulbaket penanganan kasus kejadian,” katanya.

Selain itu, Kapolda juga mengumpulkan seluruh perwira an anggota Polres Jeneponto sembari memberikan semangat.

Setyo juga meminta seluruh anggota agar tetap menjaga kondusifitas Wilkum Res Jeneponto dan menjaga nama baik institusi Polri.

“Tidak perlu melakukan tindakan reaktif menyikapi kejadian. Saya minta, agar  tetap menjaga kondusifitas Wilkum Res Jeneponto dan menjaga nama baik institusi Polri,” tegasnya.

Setyo mengingatkan, para anggota Polri harus tetap berperilaku baik kepada siapapun dan ertindak profesional dalam memberikan pelayanan.

Dan paling urgen, tegas Kapolda Sulsel, tidak boleh menuduh institusi mana.

“Karena kita perlu fakta sebenarnya. perlu ada bukti-bukti, sehingga itu yang menguatkan mengarah ke siapa-siapa itu. Kita perlu bukti pendukung,” pungkasnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Komang Suartana mengungkapkan penyerangan itu terjadi pada dini hari tadi.

Para pelaku yang diperkirakan seratusan orangb itu emnggunakan batu, bom molotov dan senpi.

Kini, pasca penyerangan situasi Mapolres Jeneponto, telah dipasangi police linevl dan situasi tampak kondusif  meskipun tetap siaga dengan penjagaan ekstra ketat.

Untuk korban Nripka Musmuluadi, Suartana mengaku tengah menjalani perawatan intensif di kamar ICU RS.Bhayangkara Makassar.

“Kondisi korban berrangsur membaik setelah dilakukan operasi (bedah) mengangkat proyektil yang bersarang diperutnya,” bebernya.

Sehari sebekum.penyerangan, 16 April 2923, beredar kabar terjadi cekcok dan kesalahpahaman  Anggota personel Kodam V/Brawijaya Pratu Irsan.

Diduga, oknum TNI itu menjadi korban pengeroyokan oleh anggota Polres Jeneponto.

“Informasinya sudah kita terima, dan telah ditangani Pomdam,” ujar Kapendam V/ Brawijaya Kolonel Arm Adekson.

Kabar yang beredar itupun, dibantah keras Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso menanggapi.

Totok menegaskan para OTK tersebut tidak ada kaitannya dengan TNI.

“Sampai saat ini juga itu (penyerangan) tidak ada kaitan dengan TNI, tidak ada,” tegasnya,  saat konferensi pers bersama Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso di Ruang Binayuda Makodam XIV Hasanuddin Makassar, Kamis (27/4/2023).

Pasca penyerangan tersebut,  Kasrem 141/Tp Kolonel Inf Muhammad Arif Suryandaru bersama Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Agus Tanra dan
Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono, telah melakukan pertemuan.

Ketiganya, berkomitmen untuk menjaga sinergitas dan kekompakan bersama menciptakan kondisi Kantibmas yang nyaman dan aman di tengah masyarakat Kabupaten Jeneponto.(red)

KORLIP : Saiful Ngemba – Anwar Lasilu

EDITOR : Redaksi

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed