oleh

‘Jangan Tanya Kamu Ini Keturunan Siapa’

Adnan Dampingi Mentan SYL Shalat Ied di Masjid Syekh Yusuf

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Momen lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H – 2023 M, menjadi kesempatan bagi Menteri pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pulang kampung ke Sulsel, berkumpul bersama keluarga besar dan para kerabatnya.

Tahun ini, SYL memilih menempati untuk Shalat Ied yakni di Masjid Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa, Sabtu 22 April 2023.

Di daerah berjuluk Kota Bersejarah itu, Mentan RI didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, yang tak lain ponakannya sendiri.

Dihadapan ribuan jamaah yang jadir, Adnan menekankan bahwa meskipun perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, tahun ini ada yang berbeda keyakinan namun tidak menghilangkan maknanya yakni bersilaturahmi dan saling memaafkan.

“Walaupun tahun ini ada perbedaan perayaan Idul Fitri, akan tetapi ini kesempatan besar untuk kita saling menghormati perbedaan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Bupati Gowa dua periode itu,

Terpenting, kata Adnan, momen Hari Kemenangan ini tidak merubah ibadah sehingga perlu untuk menjaga ibadah-ibadah yang dilakukan selama pada Bulan Suci Ramadan.

“Kita harus jaga selalu ibadah-ibadah yang dilakukan selama Ramadan. Mulai dari ibadah yang sifatnya sunnah, terutama wajib,” pintanya.

Diatas mimbar, Sekhem APKASI itu  memaparkan sejumlah program prioritas pembangunan yang dilakukan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni.

Dikatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa terus menjalankan program-program yang dicanangkannya.

Kendati, diakui bupati, pada pelaksanaan program yang dijalankan memang dirasakan banyak keterbatasa.
.
Salah satunya di 2023 ini, sebut Adnan, rencana akan dibangun Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan.

“Kita terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada. Baik melalui pembangunan MPP ini maupun layanan publik lainnya,” ujarnya.

Untuk sektor Kesehatan, pihaknya telah membangun Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Bontonompo. untuk menambah akses pelayanan kesehatan yang ada di wilayah kabupaten Gowa yang selama ini bertumpu di RSUD Syekh Yusuf.

Juga, imbuhnya lagi,  pada 2022 kemarin, Pemkab Gowa telah membangun gedung layanan perpustakaan atau perpustakaan umum daerah untuk meningkatkan minat dan juga daya baca masyarakat Kabupaten Gowa.

Terkait uaya meningkatkan SDM Kabupaten Gowa, jelas bupati, pihaknya menggenjot peningkatan minat baca dan membangun iman dan takwanya  melalui Lembaga Pendidikan Mahasantri yang merupakan program kolaborasi dengan UIN Alauddin Makassar.

“Ini untuk memperkuat program hafal Al Qur’an di setiap desa dan kelurahan. Ini sangat baik dan telah diapresiasi oleh pemerintah pusat karena ini merupakan program pertama di Indonesia,” papar Adnan.

Hal.lain, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mengaatakan,  salah satu tantangan terbesar bangsa ini yakni tidak terbiasa untuk tidak saling memberi.

Sementara, makna perayaan Ramadan hingga Idul Fitri setiap tahunnya mengajarkan untuk selalu memberi maaf.

“Ramadan di Kabupaten Gowa mengembalikan semangat emosional kebersamaan kita. Oleh karena itu menahan diri, disiplin, mencegah diri untuk saling menjatuhkan orang adalah sifat orang Gowa. Bukankah kita ini turunan keluarga yang baik-baik seperti Syekh Yusuf Al Makassari memberi contoh tidak hanya di Indonesia, jadi jangan tanya kamu ini keturunan siapa, siapapun yang sudah makan minum di Gowa dia adalah orang Gowa,” tegasnya mengingatkan

Turut hadir, Wabup Gowa H. Abdul Rauf Malaganni, Sekda Kamsina, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita, Wakil Ketua TP PKK Gowa, Mussadiyah Rauf, para Kepala OPD m, tokoh agama dan masyarakat serta ribuan jamaah lainnya.(red)

JURNALIS : Rahmat Rani

KORLIP : Muh Yusuf – Anwar Lasilu

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed