Bupati Iksan Klaim Kemiskinan Turun, Cocokji Itu ?

DAERAH61 views

Shalat Idul Fitri Terakhir Di masa Jabatannya di Jeneponto

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Kinerja penanganan kemiskinan di Jeneponto mengalami penurunan, pada tahun 2018 hingga 2022 turun sebesar 1,75 persen, dimana tahun 2018 sebesar 15,38 persen turun menjadi 13,73 persen pada tahun 2022.

Hal tersebut, disampaikan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, saat memberi sambutan pada pelaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 H, dihelat di Lapangan Parang Passamaturukang Bontosunggu, Sabtu, 22 April 2023.

Momen Shalat Ied tersebut, hadir jajaran Forkopimda dan ribuan jamaah dari berbagai tempat di daerah berjuluk Butta Turatea itu.

Imam Shalat Idul Fitr yakni  ustadz Salehuddin dan Khotib Ustadz Sahanuddin Situru.

Iksan Iskandar menyampaikan, Ramadhan yang penuh rahmat, penuh berkah dan ampunan telah dan mengangkat derajat ketaqwaan, dan Ukhuwah Islamiyah.

“Untuk itu mari kita berdoa semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan-Ramadhan selanjutnya,” pintanya.

Yang menarik dicermati, sambtan Bupati Jeneponto dua periode itu merupakan yang terakhir dimasa jabatannya bersama Wabup H.Paris Yasir.

“Banyak akselerasi yang kita lakukan dan tidak sedikit pencapaian yang telah kita raih. Upaya dan gerak bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder baik TNI, Polri, Kejaksaan, maupun pihak lainnya untuk mewujudkan Jeneponto yang lebih berdaya saing, maju, religius dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Dikatakan, berbagai tantangan tersebut tentu saja berpengaruh terhadap upaya percepatan pembangunan yang dilakukan, khususnya pada keterbatasan perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum lainnya.

Meskipun demikian, mantan Camat Kelara itu menyebut, kinerja Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi dalam rentang tahun 2018-2022 mencapai 4,23 persen pertahun yang menempatkan Jeneponto berada diurutan 17 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel,” terang Iksan.

Selain itu, sebut bupati, adanya kenaikan dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Menuritnya, IPM dalam periode ini naik 1,8 Point. Kenaikan ini sangat signifikan dibanding dengan kenaikan IPM Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan point kenaikan ini, menempatkan Jeneponto pada urutan 13 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan,” jelas Iksan.

Begitupun, terang Iksan, angka kemiskinan di Kabupaten Jeneponto, yang selama ini selalu berada di posisi termiskin di Sulawesi Selatan, rupanya  sejak tahun 2018 hingga 2022 mengalami penurunan.

“Kinerja penanganan kemiskinan di Jeneponto mengalami penurunan, pada tahun 2018 hingga 2022 turun sebesar 1,75 persen, dimana tahun 2018 sebesar 15,38 persen turun menjadi 13,73 persen pada tahun 2022. Dengan capaian ini menempatkan Kabupaten Jeneponto sebagai Kabupaten dengan Progresifitas kinerja penurunan angka kemiskinan terbaik di Sulawesi Selatan,” paparnya.

Untuk pengembangan sektor riligi, Jeneponto juga semakin membaik dengan menghadirkan program strategis, yakni program 1000 Hafidz,

Secara khusus, BupatibJeneponto itu.mengapresiasi terbangunnya sinergitas dengan pimpinan dan anggota DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Agama, atas segala dukungan dan kerja sama yang telah tercipta dengan baik selama ini.

“Atas kerjasama yang baik selama ini sehingga roda pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung dengan baik. Tanpa dukungan dari pihak Legislatif dan Forkopimda, semua hal yang diinginkan tidak akan terlaksana dan tercapai dengan baik,” akunya

Bupati pun menyampaikan harapannya, agar simpul cinta yang telah terikat dengan utuh selama ini tidak terputus akar dari pohonnya.

“Kebersamaan akan semakin kokoh dalam kekuatan cinta, meski dihempaskan oleh badai dan di terjang oleh ombak yang besar. Tanamkan nilai Sikatutui, siri na pacce, na sipammaling-malingi. Semoga nilai tersebut menjadi filosofi hidup kita bersama dalam mewujudkan Butta Turatea yang Baldatun –  Tayyibatun – Wa Rarabbul Gafur,” pungkas Iksan Iskandar, yang membidik untuk maju sebagai Bacaleg Anggota DPR-RI Senayan pada Pemilu 2024.mendatang.(rir/red)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed