Jangan Tergantung Pupuk Kimia, Kreatiflah !

EKOBIS49 views

Mentan SYL Semangati Petani Milenial Jeneponto

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – JENEPONTO :

Di penghujung Bulan Puasa Ramadhan, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan serangkaian kunjungan kerja di daerah bagian selatan Provinsi Sulsel.

Salah satunya, menyambangi sekaligus berdialog masyarakat petani, khususnya kaum mileniak Butta Tuatea Jeneponto, Kamis 20 April 2023.

SYL mengajak petani mileniaL untuk bergotong royong membangun sektor pertanian unggul dan modern.

Pasalnya, dia ingin Jeneponto menjadi sentra produksi pertanian Indonesia yang berkualitas dan siap ekspor.

“Saya mau kita gotong royong, yuk apa yang bisa kita kerjakan. Dan ingin jangan terlalu mengandalkan bantuan, tapi kita jadikan nilai ekonomi. Sekarang ini pemerintah punya KUR dan silahkan kalian akses,” ujarnya.

Mentan mengatakan, sektor pertanian adalah sektor strategis yang menjanjikan keuntungan besar.

Bahkan dalam beberapa contoh, banyak petani yang mendulang untung hingga miliaran rupiah.

Mantan Camat Bontonompo Gowa itu,  ingin contoh seperti itu agar bisa membumi di Kabupaten Jeneponto.

“Pertanian itu menjanjikan keuntungan yang besar. Dan, kalau kalian terkendala masalah pupuk kita harus kreatif membuat pupuk organik. Jangan tergantung dengan kimia,” katanya.

Mentan berharap, petani milenial juga masuk pada pengembangan budidaya ternak sapi sebagai upaya bersama dalam memenuhi kebutuhan protein hewani.

Apalagi, katanya, ternak sapi memiliki manfaat besar terutama dalam mengolah pupuk organik.

“Saya berharap di dataran tinggi itu kalian membudidayakan sapi baik sapi potong maupun sapi perah. Jadi setiap hari kotorannya bisa langsung dijadikan pupuk,” harapnya.

Rahmat, salah satu petani milenial di Jeneponto mengatakan bahwa selama ini kendala yang dihadapi adalah biaya produksi yang terlampau mahal karena belum maksimalnya sentuhan teknologi. Dia berharap, pemerintah dapat memberi bantuan benih unggul, terutama subsektor hortikultura dan perkebunan.

“Pokoknya yang berupa paket penanaman cabai sangat kami butuhkan. Apalagi biaya produksinya terlalu mahal. Tapi kami berterimakasih karena sekarang ada program KUR,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menyampaikan terimakasih atas dukungan dan perhatian besar pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) yang memberi kemudahan atas berbagai bantuan.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan sekaligus masyarakat Kabupaten Jeneponto menyambut hangat dan mengucapkan terima kasih kepada bapak Menteri atas berbagai bantuannya sehingga wilayah kami termasuk wilayah tinggi produktivitas,” tukas Bupati dua periode itu.(rir/red)

JURNALIS : Toto Sapiri

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed