Bupati Amran Mahmud Gelar Shalat Gerhana

DAERAH11 views

MEDIAKTUAL.COM – WAJO :

banner 970x250

Fenomena alam berupa Gerhana Matahari, kembali terjadi, Kamis 20 April 2023.

Peristiwa langka dan menakjubkan itu,  merupakan salah satu bentuk kebesaran Allah SWT.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk melafalkan doa gerhana matahari untuk menambah pahala, yang momentumnya terjadi di Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Fenomena alam ini, disambut masyarakat khususnya umat muslim dengan Doa ‘Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar’.

Di Kabupaten Wajo Sulsel, kejadian ini  dilaksanakan Salat Gerhana yang dihadiri langsung Bupati H.Amran Mahmud  bersama ratusan jamaah, brrlangsung di Masjid Agung Ummul Quraa, Sengkang, Kamis (20/4/2023).

“Shalat Gerhana ini, digelar karena terjadinya Gerhana Matahari Hibrida terjadi pada hari ini . Gerhana mulai terjadi pukul 10.44 Wita dan akan berakhir pukul 13.48 Wita dengan puncak gerhana pukul 12.15 Wita,” ungkapnya.

Amran Mahmud pun mengajak, kepada semua masyarakat untuk menjadikan fenomena gerhana matahari ini untuk lebih memahami dan meyakini kekuasaan Allah SWT.

“Fenomena ini hendaknya menjadi pengingat kepada kita bahwa perputaran bumi ini diatur dengan rapi oleh Allah SWT. Bumi ini berputar sesuai dengan ketetapannya, seperti inilah Allah SWT mempersaksikan kekuasaannya,” terang Amran Mahmud.

Ketua DPD Partai PAN Wajo, juga mengajak kepada masyarakat untuk bersyukur karena diberikan kesempatan menyaksikan fenomena yang langka ini.

“Terima kasih atas semua pihak atas terselenggaranya  Shalat Gerhana ini. Semoga ini akan menambah aqidah serta meningkatkan keimanan kita bahwa kebesaran Allah SWT tidak ada duanya,” jelas Bupati yang dikenal ramah dan religius itu.

Pelaksanaan shalat gerhana ini dihadiri oleh Kakan Kemenag Wajo, Muhammad Yunus, Ketua MUI Kabupaten Wajo, AG Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi serta para jamaah yang diimami oleh Imam Besar Masjid Agung Ummul Quraa Sengkang, Abdul Waris dengan Khatib Muh. Rasywan Syarif yang merupakan Dosen UIN Alauddin Makassar.

Usai rangkaian pelaksanan Shalat Gerhana, Amran Mahmud bersama para jamaah kemudian menyaksikan gerhana matahari dengan menggunakan alat yang disiapkan di halaman Masjid Agung Ummul Quraa.(red)

JURNALIS : Andi Burhanuddin

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed