Bantaeng ‘Manjakan’ Petani Rumput Laut

EKOBIS20 views

Bupati Ilham Azikin Serahkan Bantuan KBRL di Pa’jukukang

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – BANTAENG :

Bukti pemerintah selalu hadir memperhatikan kebutuhan masyarakat, tidak sekedar menjadi slogan.

Tetapi, komitmen itu direalisasikan dengan memberikan beragam bantuan, seperti yang dilakukan Pemkab Bantaeng selama ‘digawangi’ Bupati DR.H.Ilham Syah Azikin.

Terbukti, pada momen Bulan Puasa Ramadhan ini, kembali Pemkab Bantaeng berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), hadir memberikan bantuan melalui program pemberdayaan, khususnya bagi pembudidaya rumput laut.

Program tersebut, berupa pemberian bantuan Kebun Bibit Rumput Laut (KBRL).

Penyaluran bantuan sarana dan prasarana tersebut,  diserahkan langsung Bupati Ilham Azikin kepada 10 kelompok nelayan, dihelat  di Halaman Balai Benih Ikan Rappoa di Kec.Pa’jukukang Kab.Bantaeng. Senin, 17 April 2023.

Dikatakan, bantuan ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bantaeng.

“Untuk.diketahui, ttahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bantaeng telah mengalokasikan Dana Asuransi Jiwa bagi pembudidaya rumput laut dan nelayan melalui BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Makanya, Iklham Azikin berpesan kepada penerima bantuan, untuk manfaatkan dan merawat secara baik dan benar bantuan yang diterima.

“Adapun 3 Kabupaten yang lain adalah Nunukan (Kalimantan selatan), Kepulauan Yapen (Papua), dan Maluku Tenggara (Maluku). Saya berharap untuk manfaatkan bantuan ini dengan baik, tidak semua daerah di Indonesia mendapatkan bantuan seperti ini,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bantaeng, Budi Taufiq melaporkan bahwa program KBRL untuk tahun 2023 dialokasikan hanya untuk 4 Kabupaten di seluruh indonesia dan salah satunya adalah Kabupaten Bantaeng.

“Kami berharap bantuan bibit rumput laut ini mampu memberikan manfaat yang besar kepada para pembudidaya rumput laut di Bantaeng,” pintanya.

Berikut, jenis bantuan yang diserahkan setiap kelompok yakni bibit kultur jaringan jenis 100 Kg, pelampung kecil ramah lingkungan 850 buah, pelampung utama ramah lingkungan 13 buah, tali bentang 2500 meter, tali utama, tali jangkar, tali pendukung 917 meter, tali pengikat pelampung 850 meter, tali pegikat bibit rumput laut 2.000 meter danjangkar beton 26 buah.(nani/red)

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed