oleh

Wakili Sulsel, IPP Gowa Tembus TOP 30

Ket.Gambar : Bupati Gowa dua periode Adnan Purichta Ichsan merasa bangga atas capaian IPP masuk TOP 30.(rep)

——————————————————

Hadirkan Layanan Kependudukan Inovasi ‘Si Cerdas Bu Priska’ 

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Meski belum berada dilevel 10 besar, namun ekspektasi Pemkab Gowa Sulsel berhasil masuk TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik (IPP) tingkat Provinsi Sulsel adalah sebuah prestasi yang membanggakan.

Inovasi yang digagas tersebut adalah “Si Cerdas Bu Priska” atau dikenal SolusI CEpat Ringkat Dengan AplikaSi Buku tamU Pelayanan RegIStrasi KependudukAn.

Sebagai nominator TOP  30 IPP tru, praktis Kabupaten Gowa  yang akan mewakili Sulsel pada tingkat nasional.

Bupati Gowa, DR.Adnan Purichta Ichsan, SH, MH mengatakan,  inovasi pelayanan kependudukan ini sangat bermanfaat kepada seluruh masyarakatnya, terlebih Kabupaten Gowa memiliki sembilan dataran tinggi yang cukup jauh ke Sungguminasa (Kantor Disdukcapil) jika ingin mengurus pelayanan kependudukan.

“Tentu ini membanggakan kami karena  salah satu inovasi pelayanan Kabupaten Gowa tembus TOO 30. Ini  menjadi komitmen kita untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di dataran tinggi agar masyarakat bisa lebih hemat waktu dan pastinya hemat biaya,” ungkapnya, Jumat 14 April 2023.

Disebutkan, masuk TOP 30 setelah melalui beberapa tahapan.

Ket.Gambar : Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa Edy Sucipto, S.Pi, MM.(rep)

—————————————————/-

Pertama, terang Adnan,  pengajuan proposal yang harus bersaing bersama 143 inovasi lainnya se-Sulsel.

Selanjutnya, disaring menjadi TOP 50 untuk dilakukan verifikasi lapangan sehingga dari hasil verifikasi lapangan itu Gowa mampu lolos ke TOP 30  mewakili Sulawesi Selatan.

Atas prestasi tersebut, Kadis  Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Edy Sucipto, S.Pi, MM, menjelaskan Inovasi ini merupakan sebuah aplikasi sederhana yang memanfaatkan tiga aplikasi yakni whatsapp, google form, dan spreadsheet.

Caranya, papar dia, pemohon hanya mengajukan permohonan ke nomor whatsapp yang telah ditentukan sesuai domisili atau wilayah masing-masing lalu mengikuti petunjuk yang diintruksikan.

“Pemohon hanya perlu menyapa sistem dengan mengirimkan kata pembuka apa saja pada kontak whatsapp yang ditentukan, lalu otomatis akan terkirim link Google form untuk diisi, selanjutnya pemohon mengisi jenis layanan dan pada saat yang sama akan mendapat informasi berkas-berkas yang dipersyaratkan lalu submitan diterima via spreadsheet. Jika berkas lengkap hasilnya akan diterima via email yang didaftarkan dan pemohon dapat memeriksa email masuk segera setelah 5 menit hingga maksimum 4 jam,” beber Edy.

Kadis Dukcapil Gowa itu mengurai, mekanisme inovasi ini dinilai berhasil karena cukup mudah dan dapat diakses dari mana saja tanpa perlu lagi mendatangi kantor Disdukcapil.

Selain itu, sistemnya tidak lagi membutuhkan berkas-berkas fisik dan layanan ini cepat dan dikirim ke email pemohon.

Bahkan, katanya lagi,  untuk warga yang tidak memiliki smartphone atau gagap teknologi, lansia dan difabel, pihaknya menyediakn layanan pembantu di Kantor Kelurahan atau Desa domisili.

“Manfaatnya adalah menggantikan loket fisik, Jadi, yang biasanya harus datang ke kantor dengan antrian panjang, namun dengan aplikasi ini maka masyarakat cukup mengikuti langkah-langkahnya dan bisa selesai dalam satu hari,” pungkas Edy.

Adapun layanan yang disediakan dalam inovasi adalah semua urusan kependudukan, seperti Kartu Keluarga, akta kelahiran, surat pindah, dan lainnya namun khusus KTP untuk pengambilan fisiknya harus ke Kantor Disdukcapil.

“Semoga dengan masuknya Si Cerdas Bu Priska ini di top 30, Gowa mampu masuk ke top 99 tingkat nasional nantinya,” harapnya.(red)

KORLIP : Anwar Lasilu – Muh Yusuf

REDAKTUR : Tajuddin Ngawing – SS.Nyampa

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed