BMKG : Cuaca Ekstrem Terjadi 11 – 17 April, Waspada !

PERISTIWA22 views

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

banner 970x250

Kondisi cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir ini, sangat mengusik ketenangan masyatakat dan sulit diprediksi.

Kadang cuaca cerah, tiba-tiba hujan mengguyur disertai oetorvdan hujan lebat.

Agar masyarakat tidak panik dan takut, membuat pihak  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Sulsel, telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang akan terjadi di seluruh daerah di Sulawesi Selatan, mulai tanggal 11 hingga 17 April 2023.

“Cuaca ekstrem selama sepekan mulai terjadi  hari ini, tanggal 11 hingga 17 April kedepan,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Makassar, Hanafi Hamzah, Senin (10/4)

Menurutnya, kondisi cuaca yang kurang bersahabat itu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang.

Hanafi menyebut, beberapa wilayah yang ada di Sulsel  yang berstatus SIAGA, diantaranya wilayah Kabupaten Barru, Pangkajene, Kota Makassar, Gowa dan Maros.

Sedangkan,  wilayah yangtelah berstatus WASPADA,  diantaranya wilayah Kabupaten Pinrang, Soppeng, Wajo, Janeponto, Luwu, Sidrao, Kota Parepare, Takalar dan Bone.

“Artinya,  kalau potensi untuk angin kencang, itu nihil terjadi,” terang Hanafi.

BMKG pun menyebut,  daerah yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang selama sepekan ke depan.

Rinciannya, Ccuaca ekstrim yang akan terjadi pada tanggal 11 hingga 13 April 2023, diantaranya Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang, Pinrang, Parepare, Jeneponto, Takalar, Sidrap, Sinjai, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar dan Gowa.

Sementara, untuk tanggal 14 hingga 17 April cuaca ekstrim kembali melanda di Kabupaten Luwu Utara, Palopo, Luwu, Enrekang, Pinrang, Parepare, Jeneponto, Takalar, Barru, Pangkep, Maros, Sidrap, Sinjai, Bulukumba, Gowa dan Makassar.

Menghindari terjadinya hal-hal berpotensi mengancam keselamatan jiwa masyarakat, kuncinya setiap saat mesti berhati-hati, waspada dan tetap waspada.(r/red)

JURNALIS : Mansyur – Rahmat Rani

EDITOR : Tajuddin Ngawing – Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed