Komisi IV DPR RI Dorong Produktivitas Petani

BERITA, EKOBIS66 views

Ket.Gambar : Anggota DPR RI DR.H.Azikin Solthan,MSi, saat membuka kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, Sabtu 8 April 2023.(dok)

banner 970x250

—————————————————-

Azikin Solthan Hadiri Bimtek Gelaran Polbangtan Gowa

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Sebagai mitra kerja Kementerian Pertanian RI, anggota Komisi IV DPR RI DR.H.Azikin Solthan, M.Si, membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh Wilayah Koordinasi Politektik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kabupaten Gowa  Sulsel.

Ket.Gambar : Bincang santai H.Azikin Solthan dengan Direktur Polbangtan Gowa DR.Detia Tri Yunandar, usai pembukaan Bimtek.(dok)

—————————————————-

Sebagai penyelenggara Bimtek, Polbangtan Gowa menghadirkan ratusan peserta yang didominasi kalangan petani milenial, dihelat di Hotel Grand Imawan Jl.Pengayoman Makassar, Sabtu 8 April 2023.

Menariknya kegiatan ini, meski dilaksanakan meski  pada momen Bulan Puasa Ramadhan 1444 H namun peserta yang hadir cukup antusias mengikuti sejumlah materi yang dipaparkan dua narasumber yakni Hasbi, SP Daeng Ngitung, petugas PPL
pada BBTPH Kanreapua Kecamatan Parigi Gowa dan Wakil Direktur Polbangtan Gowa Dr.Mufidah Muis.

Bimtek tersebut, diawali dengan sambutan  Direktur Polbangtan Gowa Dr.Detia Tri Yunandar.

Dikatakan, pembangunan pertanian saat ini menghadapi tantangan berat yang luar biasa, baik itu aspek produktivitas, inovasi dan teknologi maupun pemenuhan SDM.

Intinya, terang Detia Tri Yunandar, bahwa sektor pertanian yang nenentukan keberlanjutan hidup manusia.

“Saya katakan begitu karena selama manusia hidup maka pastilah pertanian dibutuhkan,” pungkasnya.
.
Makanya, jelas Direktur Polbangtan, pihaknya kini fokus pada peningkatan SDM yakni membangun kekuatan petani untuk mendorong terciptanya peningkatan produksi pertanian.

Sementara itu, anggota Fraksi Gerindra DPR RI itu berkomitmen, untuk memberi atensi dan terus mendorong meningkatnya produktivitas petani untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Ekspektasi lain, harap Azikin Solthan, dengan adanya kegiatan Bimtek Peningkatkan Kapasitas Petani dan Penyuluh maka petani dapat menerapkan teknologi pertanian demi meningkatkan produksi pertanian.

“Bimtek ini merupakan kebijakan Kementan yang berkonsentrasi untuk jangka panjang dalam menumbuhkan minat anak muda, khususnya kaum milenial,  pada sektor pertanian modern,” ungkapnya.

Apalagi, Bupati Bantaeng periode 1998 hingga 2008, bahwa sektor pertanian sedang memasuki era baru yang memiliki pendekatan online sistem dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Azikin Solthan, mantan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menhakui, kegiatan bimtek ini merupakan salah satu program yang digagas dengan Kementerian Pertanian RI yang bertujuan meningkatkan kapasitas petani dan penyuluh sehingga dapat melahirkan SDM pertanian yang berkualitas dan profesional dibidangnya.

Disebutkan, Komisi IV DPR RI sebagai mitra kerja Kementerian Pertanian, berkomitmen tinggi dan terus berupaya mendorong serta membangun kekuatan SDM pertanian.

Pasalnya,  itu sudah menjadi kebutuhan penting bahkan menjadi hal mutlak untuk semua daerah, termasuk di Daerah Pemilihannya (Dapil) Sulsel 1, meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

‘Kami pun mengapresiasi Polbangtan Gowa, yang selama terus melakukan akselerasi dan inovasi-inovasi yang menerapkan  teknologi pertanian sesuai kebutuhan kekinian,” tukas Azikin Solthan.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek ini diadakan selama dua hari yang diikuti sejumlah kelompok tani, pelaku usaha pertanian maupun petani milenial dari Kabupaten Gowa, Takalar dan Kota Makassar.

EDITOR : Tim Redaksi

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed