Gowa Genjot Program Inovatif dan Pro Rakyat

DAERAH48 views

Ket.Gambar : Bupati Adnan didampingivWabup Abd Rauf Malaganni, menyerahkan LKPj 2022 kepada Ketua DPRD H.Rafiuddin, berlangsung di Ruang Paripurna DPRD Gowa. (foto : Arfan)

banner 970x250

—————————————————–

Bupati Adnan Sampaikan LKPj 2022

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Diantara beberapa program pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Gowa selama ini, salah satunya menjadi fokus perhatian adalah program inovatif dan pro rakyat.

Hal tersebut, diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun Anggaran 2022, dihelat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Gowa, Selasa 28 Maret 2023.

Dikatakan, berbagai program inovatif yang telah diluncurkan itu untuk mendukung pendidikan gratis, sistem kelas tuntas berkelanjutan, investasi SDM seperempat abad, pendidikan karakter Imtaq Indonesia, satu sarjana satu desa satu kelurahan,  lembaga pendidikan mahasantri dan perpustakaan daerah. 

Selain itu Bupati bergelar Doktor Ilmu Hukum itupun memaparkan apaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gowa periode 2022yang  mengalami peningkatan jika dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Itu terlihat, katanya IPM pada tahun 2022 mencapai 70,99 persen, yang sebelumnya di tahun 2021 mencapai 70,29 persen. 

Adnan menyebut, oencapaian pembangunan manusia ini didorong dari sejumlah sektor. Salah satunya, pada sektor pendidikan.

“Komitmen pemerintah daerah terhadap pendidikan telah tergambar dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun terakhir,” tandasnya.

Dijelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada pencapaian sektor pendidikan dilihat dari harapan sekolah yang mengalami peningkatan.

Jika pada 2021 jumlahnya mencapai 13,65 persen maka di tahun 2022 naik menjadi 13,66 persen. 

“Kinerja pada urusan pendidikan dapat dilihat, dimana rata-rata lama sekolah pada tahun 2021  adalah 8,20 tahun naik menjadi 8,40 tahun pada tahun 2022 sehingga data ini menunjukkan kinerja pendidikan yang semakin baik,” ulasnya

Yang membanggakan hati, terang Bupati dua periode itu yakni  program yang baru saja diresmikan dan telah berjalan yakni Lembaga Pendidikan Mahasatri yang bertujuan mencetak penghafal Alquran, dimana dalam implementasinya, para mahasantri akan belajar dan menghafal quran yang kemudian ditahun terakhir UINAM menyiapkan Pendidikan Kelas Khusus Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir yang memiliki kualifikasi hafiz Al-Quran dan akan menjadi lulusan UIN serta mendapat ijazah dari UIN. 

“Program ini telah kita launching yang menghasilkan 167 mahasantri dari perwakilan 167 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa. Ini kita lakukan agar proses dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berlandaskan Iman dan Taqwa bisa segera terwujud melalui program ini,” haraonya. 

Tak hanya itu, imbuh Adnan lagi,  pada program seperempat abad yang diperluas dalam satu desa/keluarahan satu sarjana bekedsama dengan seluuh desa/kelurahan juga sudah mulai berjalan, sehingga diharapkan seluruh program pendidikan yang menunjang peningkatan IPM berjalan sesuai perencanaan yang ada. 

Turut hadir, Wakil Bupati Gow Abd Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa H.Rafiuddin bersama para Wakil Ketua, jajaran Forkopimda, Pimpinan SKPD, Camat dan undangan lainnya.(red)

JURNALIS : Rahmat Rani

KORLIP : Muh Yusuf – Anwar Lasilu – Dirwan D’stori

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed