Bantaeng Diklatkan Pengelola Dana BOS

DAERAH15 views

Ket.Gambar : Bupati Dr.H.Ilham Syah Azikin, memberikan sambutan di Kantor BPK RI Perwakilan Sulsel Kota Makassar, Senin 27 Maret 2023.(rep)

banner 970x250

—————————————————-

Bupati Ilham Azikin : Ini Salah Satu Upaya Pertahankan WTP

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

Upaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), terkait pengelolaan keuangan daerah, memang bukan perkata gampang.

Tetapi, hal yang urgen dan mesti dilakukan yakni adanya komitmen, integritas dan kerja keras untuk selalu memperbaiki sistem dan tertib administrasi.

Espektasi itulah, terus dibangun dan diimplementasikan Pemerintah Kabupaten Bantaeng agar raihan opini WTP bisa dipertahankan kembali tahun depan.

Hal tersebut,  diungkapkan Bupati Bantaeng DR Ilham Azikin, saat memberikan sambutan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel di Makassar, Senin, 27 Maret 2023.

Dikatakan, salah satu upaya yang kini diprogramkan adalah memberikan pendidikan dan pelatihan untuk seluruh pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

Rencana tersebut,  bukan tanpa alasan. Pasalnya, Bupati yang dikenal kreatif dan inivatif itu menganggap pendidikan dan Pelatihan (Diklat) ini akan melibatkan seluruh pengelola dana BOS baik di tingkat kabupaten sampai di tingkat sekolah. 

“Seluruh pengelola dana BOS akan kami Diklatkan,” ujar Ilham Azikin. 

Ditejankan, pemerintah Kabupaten Bantaen telah membangun komitmen dengan Balai Diklat BPK untuk meningkatkan SDM bendahara dan PPK.

Pada 2021 lalu, seluruh bendahara dan PPK juga sudah menjalani Diklat di Balai Diklat BPK.

Sedangkan, pada 2022, Pemkab Bantaeng telah mendiklatkan seluruh pengurus barang pada lingkup pemerintah daerah. 

“Ini adalah salah satu hal yang kami lakukan untuk mempertahankan opini WTP kita, ” harap Ilgam Azikin. 

Bupati Lulusan Diklat Lemhanas 2019 itu menambahkan, Pemkab Bantaeng sejauh ini berupaya mengoptimalkan peran pengawasan internal melalui review atas aktivitas kegiatan yang berpotensi terjadinya kesalahan administrasi. 

“Salah satunya dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) penyusu laporan keuangan, ” pungkasnya. 

Untuk itu, Ilham Azikin berharap agar pelaksanaan audit nantinya bisa berjalan dengan lancar dan baik.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kinerja sekaligus melakukan penyempurnaan dalam menyajikan laporan keuangan secara tepat waktu dan akurat,” imbuhnya lagi. 

Sementara itu, Kepala Inspoektorat Bantaeng, Muh Rivai Nur mengatakan, pelatihan dan pendidikan untuk para pengelola dana BOS ini sangat penting dilakukan.

Disebutkan, dana BOS ini perlu mendapat perhatian yang serius demi kelancaran laporan keuangan.

“Dana BOS ini nilainya cukup besar dan merupakan atensi kita semua untuk tertib administrasi, ” terangnya.

Rivai Nur mengatakan, pengelola dana BOS ini memang perlu mendapat bekal pengetahuan administrasi keuangan, terutama pengelola BOS yang ada di sekolah. 

“Mereka ini di antaranya adalah kepala sekolah dan bendahara dana BOS. Memang perlu mereka mendapat pengetahuan lebih dalam lagi mengenai administrasi keuangan dana BOS ini,” tuturnya penuh harap.(Nani/red)

EDITOR : Tajuddin Ngawing

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed