Petani Tanetea Jeneponto Panen Raya Padi

EKOBIS32 views

MEDIAKTUAL.COM -JENEPONTO :

banner 970x250

Stok beras saat ini dipastikan aman dan terkendali, terutama menghadapi Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

Hal tersebut, disampaikan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, saat menghadiri acara panen raya padi di Kelurahan Bontotangnga Kecamatan Tamalatea.

Panen raya kali ini, menjadi yang perdana sejak musim tanam dimulai pada awal November 2022 lalu.

Kabupaten jeneponto sendiri memiliki ragam komoditas unggulan.

Selain padi, komoditas pertanian unggulan lainnya berupa jagung, kopi, dan sayur-mayur.

Keberhasil panen pasi ini, terang Iksan Iskandar, setidaknya memberikan apresiasi atas kontribusi petani dalam upaya swasembada beras.

Selain itu, imbuhnya, turut memberi apresiasi karena sampai dengan saat ini telah disalurkan berbagai bantuan benih dan bibit pertanian secara berkesinambungan kepada para Kelompok Tani.

“Saya mengharapkan agar selain bantuan bibit dan alsintan, juga dilakukan pembinaan dan pendampingan secara berkala dari para penyuluh pertanian. Begitupun,  soal sumber daya air, khususnya pengairan melalui saluran irigasi agar dapat dikendalikan secara baik, teratur dan lancar.

Panen padi di Lingkungan Tanetea itu, terkoneksi langsung dengan kegiatan panen raya Nusantara 1 juta hektar Jokowi di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah melalui Video Zoom.

“Petani bersama Pemerintah Daerah bersama sama Panen Raya secara Nasional dengan 1 juta hektar, Namun,i untuk Jeneponto kita panen seluas 1051 Hektar,” beber Bupati Jeneponto dua periode itu.

Dikatakan, meskipun daerah Jeneponto  sempat dilanda cuaca ekstrem namun peningkatan produksi panen padi diawal tahun ini sangat signifikan dengan hasil memuaskan.

“Alhamdulillah, walapun ada cuaca ekstrem. Yang kemudian bulan kedepanya kita akan lakukan panen bersama lagi dengan luas 20 Ribu Hektare itu, Ini dipenanam perdana,”  ungkapnya..

Iksan berharap, dengan adanya bantuan benih-benih yang berkualitas, pupuk yang ada dan terutama cuaca yang mendukung upaya lebih meningkat lagi produkdivitas panennya.

“Mudah mudahan hasil dari ini ada lebihnya dan apa yang telah dihasilkan pada awal panen ini,” harapnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pertanian Jeneponto Bambang Hariyanto menyampaikan, bahwa panen perdana padi yang dilakukan tadi itu besaran luasanya itu sekitar 1051 Hektar yang bakal berlanjut sampai di bulan April.

“Estimasinya itu 250 Ribu hektar dengan luasnya itu 2490an Hektare yang bakal dipanen sampai bulan April,” katanya.

Bambang menyebut, adanya peningkatan capaian hasil panen padi dari tahun sebelumnya.

Itu terlihat dari dari data BPS ada kenaikan signifikan kenaikannya. Yang sebelum dari tahun lalu 5,6 Ton Per hektar sekarang menjadi 6,7 per hektar.

“Itu dari BPS yang Ubing bukan kita, Allhamdulilah ada peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Mantan Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura itu membeberkan, bibit yang ditanam pada panen raya kali ini, ada beberapa jenis bibitnya, seperti Impari 42.

“Sebetulnya bermacam macam, namun yang tadi kita panen padi itu adalah Impari 42,” tuturnya.

Turut hadir, Wabup Paris Yasir, didampingi Kadis Pertanian Ahmad, Forkopimda, beberapa OPD, Penyuluh pertanian, para kelompok tani dan tokoh masyarakat.(red)

JURNALIS : AM.Syakhrir Tahir

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed