oleh

BAZNAS Makassar Buat Loncatan Zaman

Peduli dan Berdayakan Usaha Para Seniman

MEDIAKTUAL.COM – MAKASSAR :

BAZNAS Kota Makassar Sulsel, kembali buat gebrakan dalam upaya meningkatkan kehidupan para seniman Makassar, khususnya yang bergabung di kelompok Studi Teater Tambora Makassar.


Kerjasama yang dilaksanakan sehari di Baruga Angin Mammiri itu, berupa pelatihan kerja/usaha UMKM untuk para seniman setelah tergerek dampak Covid 19 selama dua tahun.


BAZNAS menilai sejumlah seniman di Makassar telah terpenjarakan dampak yang begitu dahsyat akibat Corona dan mengakibatkan kehidupan untuk mencukupi kehidupan keluarga mengalami distorsi dan cenderung beralih ke kegiatan lain meski tetap berhubungan dengan kerja karya seni.

Demikian diungkapkan, H Jurlan S.Sos.M.Pd, saat membawakan materinya.

“Kami mengintip beberapa rekan telah bergeser dari profesi pokoknya yakni mencari kehidupan dengan usaha lain  sehingga BAZNAS merasa terpanggil untuk membantu dengan memberikan pelatihan usaha,sekaligus memberi ruang untuk mendapatkan bantuan,” ungkap,”  H.Jurlan, Ketua II Baznas, yang juga dikenal selama ini telah berinteraksi dua dunia yakni, dunia kesenian dan jurnalis.


Sementara itu, Ketua Satu H.Ahmad Taslim.S.Sos, M.Si. memberikan penekanan, dimana Baznas telah menjalankan amanah sebagai pengumpul Xakat, Infag dan Dedekah, berupaya untuk tidak merumitkan tata cara di lapangan.

“Warga yang ingin menyerahkan, kami turun menjemputnya. Bahkan, dimana saja tempat bisa bertemu. Meski Di Cafe atau restoran-restoran,” tuturnya.

Sementara, menjawab pertanyaan peserta, dimana adanya beberapa kegiatan BAZNAS Makassar yang melakukan pembagian bantuan untuk orang miskin di daerah lain, sementara domisili pemberi zakat di Makassar, Ustaz Ahmad Taslim menjelaskan, karena memang pemberi Zakat meminta untuk dibagikan di daerah yang dia inginkan.

Seperti, sebutnya, Kabupaten Soppeng dan belum lama ini di Enrekang.

Hal lain, Ketua Tiga Baznas Dr.H.Waspada Santing mengatakan, kaitan kerjasama diharapkan para seniman untuk ikut serta mensosialisasikan di masyarakat tentang Zakat, Infag dan Sedekah, sehingga sadar betapa berkah bagi umat yang senantiasa displin mengeluarkan zakat dan memberikan sedekah kepada saudara orang miskin.

“Insyaallah akan dibenahi hidupnya bagi orang yang taat membagikan harta bendanya ” pungkas Waspada, yang juga pernah malang melintang di dunia pers.


Sementara itu, Penasehat Teater Tambora Ahmadi Haruna menilai, kerjasama pelatihan UMKM BAZNAS sebuah catatan penting bahkan menurutnya sejarah baru ada Badan Ummat yang ingin memberikan perhatian terhadap para pekerja seni .

“Ini akselerasi yang bisa disebut ” loncatan zaman yang dibuat Baznas ,” tukas Ahmadi Haruna, Aktor Monolog.


Jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan sekitar 70 orang pekerja seni.

Diakhir pelatihan, dilakukan diskusi akan pemahaman lebih tajam tentang BAZNAS kaitan syarat untuk mendapatkan bantuan dengan berbagai model bantuan.


Kegiatan ini, bertepatan dengan Pengukuhan pengurus Teater Tambora periode 2022-2027.(red)

WAPEMRED : Ahmadi Haruna

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed