oleh

PMPTSP Gowa Permudah Izin Bisnis Waralaba

Ket.Gambar : Kepala Dinas PMPTSP Kab.Gowa H.Indra Setiawan Abbas, S.Sos, M.Si, saat ditemui Pemimpin Umum/Redaksi MEDIA AKTUAL (cetak & online) bersama Jurnalis Senior Drs.Burhanuddin Naz Dg.Mangung.(ist)

——————————————————

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

Menjamurnya bisnis waralaba saat ini, seperti Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Lotte dan sejenisnya, cukup mendorong perputaran roda ekonomi masyarakat, trrutama dalam menjual produk jasa maupun barang.

Kendati azas kebermanfaatannya  sangat positif, namun tidak semua daerah di Indonesia memberikan ruang untuk bebas mendirikan atau membuka bisnis waralaba itu.

Contohnya, di Kabupaten Gowa Sulsel.

Sejak awal munculnya bisnis waralaba di era kepemimpinan Bupati Alm.Ichsan Yasin Limpo, pemberian izin sangat ketat dan terbatas.

Kalaupun ada, jumlahnya masih bisa dihitung jari. Itupun, terbangun di lokasi atau tempat-tempat tertentu saja.

Alasan Pemkab Gowa, kala itu, dengan membuka Alfamart, Indomart ataupun sejenisnya, justeru memicu kesenjangan bahkan bisa mematikan para pedagang klontong dan warung-warung tradisional lantaran terjadi  perrsaing produk, harga lebih-lebih dari penyediaan sarana dan fasilitas yang cukup refresentatif.

Kini, di pemerintahan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, ketegasan kebijakan Mendiang IYL (Ayahanda Adnan) justeru berubah 99 derajat, dengan memberi ruang seluas-luasnya kepada para pebisnis waralaba untuk berinvestasi, dari perkotaan hingga pedesaan.

Salah satunya, terbangun Indomaret yang terletak di Jalan Andi Mallombasang Sungguminasa.

Sejak dibuka pada medio Februari 2023 lalu, masyarakat yang datang lumayan banyak sehingga dampaknya bagi para pedagang toko dan warung kecil di sekitarnya jadi sepi pembeli.

Masyarakat pun bertanya-tanya, benarkah Indomaret itu telah mengantongi izin.

Tidakkah, selama ini Pemkab Gowa sangat selektif dan ketat memberikan izin usaha waralaba ?

“Ya.. benar, usaha Indomaret yang ada di Jl.Andi Mallombasang itu memang punya izin. Kebetulan di sekitar lokasi itu Indomaret masih minim. Jadi, yang membangun ini adalah pemilik rumah sendiri, bukan Indomaret. Bisa jadi, ada kerjasama dalam bentuk corporate branding. Tapi, yang pasti, pemberian izin itu adalah pemilik rumah sendiri,” ujar Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Gowa H.Indra Setiawan Abbas, S.Sos, M.Si, saat dikonfirnasi di ruang kerjanya, Senin 6 Maret 2023.

Diyakinkan, kehadiran Indomaret di poros Jl.Andi Mallombasang tidak mengganggu aktivitas warga maupun menghambat arus lalulintas.

Kadis yang dikenal santun dan low profile itupun mengakui, masih ada lagi menyusul dan terbangun usaha waralaba di seputar Kota Sungguminasa.

“Soal izin memang ketat dan dibatasi tapi tidak berarti dilarang. Kalau memang memenuhi persyaratan, yah kita layani. Intinya, jika lokasinya tepat dan memenuhi aturan, tentu wajib dilayani karena dampaknya ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupten Gowa,” jelas Indra Setiawan Abbas, mantan Camat Bontonompo Selatan dan Kabag Umum Setda Gowa itu.(Burnas Mangung/red)

PEMRED : AM.Sukardi Tahir

banner 970x250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed