Pramuka SMPN 27  Makassar Digembleng di Parangloe

PENDIDIKAN86 views

MEDIAKTUAL.COM – GOWA :

banner 970x250

Gelaran Lomba Tingkat IV (LT.IV) regu pramuka penggalang yang bakal digelar Kwartir Daerah Sulawesi Selatan di Buper Markas Kostrad Kariango Maros pada 15-21 Maret 2023 mendatang semakin dekat.

Saat ini,  sejumlah persiapan sedang dikebut oleh panitia.

Kegiatan ini,  rencananya akan diikuti oleh 24 Kwarcab se- Sulawesi Selatan.

Kwarcab Makassar sendiri yang akan diwakili oleh pangkalan SMPN 27 Makassar untuk regu putra dan SMPN 12 Makassar untuk regu putri semakin mengintensipkan latihan.

Kedua SMP tersebut,  merupakan juara atau regu berprestasi tinggi pada ajang LT.III yang dihelat kwarcab Makassar di buper tokka tenarata pada Februari lalu.

Mewakili Kota Makassar merupakan kebanggaan dan tantangan tersendiri bagi kedua regu sehingga perlu persiapan lebih matang.

Salah satunya melalui latihan gabungan yang dilakukan oleh kedua pangkalan pada Sabtu-minggu, 4-5 Maret 2023 di Parangloe Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini,  diikuti 16 orang anggota pramuka penggalang putra dan putri.

Kepala SMPN 27, Nurdin, S.Pd, SH, M.Pd, yang meninjau langsung kegiatan mengungkapkan, latihan ini sebagai pemantapan dan ajang bina keakraban.

“Latihan ini dilaksanakan untuk uji coba dan mengakrabkan anak-anak kita dari kedua pangkalan sekaligus menyamakan persepsi, mengingat SMPN 27 dan SMPN 12 Makassar akan mewakili Makassar nantinya” terang Nurdin

Dalam sesi latihan bersama ini dilakukan sejumlah kegiatan.

Abdul Raup yang akrab disapa sebagai kak Robert menjadi koordinator lapangan menyebutkan sejumlah latihan yang disimulasikan bagi pramuka penggalang.

“Pada latihan ini kita menyelenggarakan Latihan memanah, sketsa panorama, masak rimba, bivak, peta kompas, dan penjelajahan” ungkap robert.

Kegiatan tersebut,  merupakan sebagian dari mata lomba pada LT.IV dengan kriteria norma utama.

Sementara itu, bina damping dari pangkalan SMPN 12 Makassar, Jack menyebut akan melakukan penyesuaian seusai latihan bersama ini.

“Ada beberapa hal baru yang kita diskusikan, jadi kami akan lakukan penyesuaian,” jelasnya.

Untuk diketahui, LT.IV merupakan ajang lomba bergengsi bagi anggota regu pramuka penggalang. Kwarcab yang meraih predikat regu berprestasi tinggi pada lomba ini selanjutnya akan mewakili Sulsel ke LT.V tingkat Nasional sehingga wajar event ini bakal menjadi pertarungan yang sangat ketat bagi peserta.(hms27/red)

JURNALIS : Mansyur

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed