Sulsel Pukau Pameran INACRAFT 2023

NASIONAL120 views

Hadirkan Tari Abbulo Sibatang, Pangngadakkang dan Marendeng Marampak

banner 970x250

MEDIAKTUAL.COM – JAKARTA :

Perhelatan Pameran Akbar terbesar di Asia Tenggara Resmi di Buka Oleh Menteri Pariwisata Dan ekonomi kreatif Republik Indonesia H. Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu 1 Maret 2023.

Dan tahun ini Provinsi
Sulawesi Selatan menjadi ikon pada pameran terbesar di Asia Tenggara, The 23th Jakarta International Handicraft Trade Fair Inacraft Tahun 2023.

Dengan mengusung “The Authentic South Sulawesi”, kita mengangkat ikon Kapal  Pinisi.

24 Kabupaten/Kota di Sulsel turut terlibat menampilkan sejumlah kerajinan unggulan dan kulineri Sulsel.

Sejumlah produk kerajinan dipamerkan, beberapa diantaranya Songkok Recca, Passapu, Kain Sutera, Kain Khas Toraja, sejumlah kerajinan dari daun lontar dan sebagainya.

Tari Abbulo Sibatang berhasil memukau para audience di Gedung Jakarta Convention Center sesaat sebelum Pembukaan di mulai, “Abbulo Sibatang” memiliki makna sekalipun kita berbeda namun tetap bersatu dalam bingkai abbulo Sibatang.

Setelah opening Ceremoni kembali mempersembahkan Atraksi Budaya Tari Pangngadakkang yang mengandung makna penghargaan setinggi tingginya kepada para tamu tamu agung.

Di hari kedua, kembali berhasil memukau para Pengunjung inacraft 2023 di lobby Jakarta Convention Center yang menampilkan Tari Marendeng Marampak dalam budaya Suku Toraja , tarian ini menggambarkan bahwa mengingat akan kampung halaman yang sarat akan budaya, panorama alam yang indah dan dimanapun kita berada Toraja tetap di hati.

Selain mementaskan anega ragam jenis tarian, Provinsi Sulawesi Selatan juga menampilkan Penyanyi/Artis Daerah yang saat ini masih eksis di dunia Entertainment.

Dia adalah Dian Ekawati yang menyajikan  lagu-lagu khas daerah Bugis Makassar dan Toraja, kepada seluruh Audience pembukaan Inacraft.

Fitriani Nas selaku Koordinator Sub Bidang Seni dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan  Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan berharap, kegiatan ini akan lebih memperkenalkan sejumlah produk kerajinan keunggulan dan ciri khas Sulawesi Selatan.

Juga, memperkenalkan Budaya Sulawesi Selatan melalui karya-karya seni di daerah yang kaya akan budaya dan destinasi wisata.(Uqbah/red)

EDITOR : Mustafa

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed